Wajib Tahu, Ini Arti Warna Merah, Kuning, Hijau di Aplikasi PeduliLindungi

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 19:05 WIB
loading...
Wajib Tahu, Ini Arti Warna Merah, Kuning, Hijau di Aplikasi PeduliLindungi
Fitur Safe Entrance yang digunakan untuk memasuki ruang publik, sudah dapat di akses dari aplikasi tiket.com. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Aplikasi PeduliLindungi memiliki tiga keterangan warna barcode yang menjelaskan status pengguna saat check in di ruang publik. Apa saja?

Aplikasi PeduliLindungi memang bisa memastikan bahwa pengunjung lokasi publik semuanya telah divaksinasi. Juga, sebagai alat hitung kapasitas maksimal bagi pengelola lokasi publik.



Melalui fitur Safe Entrance di PeduliLindungi , kegiatan pengguna saat check in dan chek out atau keluar dari ruangan publik bisa terlacak.

Selain itu, sekarang pengguna tidak perlu lagi mengunduh langsung aplikasi PeduliLindungi. Namun, bisa mengaksesnya lewat aplikasi lain seperti tiket.com. Pengguna tiket.com cukup klik ikon Safe Entrance, memasukkan nama dan NIK untuk check in.

Akurasi hasil keterangan tertampil akan sesuai dengan data pengguna dalam PeduliLindungi, yakni dalam 3 kategori warna. Nah, berikut rinciannya:

Warna Merah
Warna merah pada barcode PeduliLindungi artinya pengunjung belum divaksinasi Covid-19 atau bisa juga pengunjung dalam kondisi terpapar atau kontak erat dengan Covid-19. Pengunjung yang memiliki status warna ini tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum.

Warna Kuning
Warna kuning artinya pengunjung sudah divaksinasi dosis pertama. Pengunjung bisa diperbolehkan masuk usai petugas melakukan verifikasi lebih lanjut. Pengunjung yang memiliki warna barcode ini wajib menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.

Warna Hijau
Warna hijau pada barcode PeduliLindungi merupakan status aman bagi pemiliknya. Warna hijau artinya pengunjung sudah melakukan vaksinasi dosis lengkap dan diperbolehkan masuk tempat umum.

Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa mengatakan, fitur PeduliLindungi di tiket.com diharapkan dapat berkontribusi dalam pengendalian kasus Covid-19 di Indonesia. “Masyarakat dapat memiliki akses untuk menikmati beragam fasilitas publik karena status vaksinasi pun secara otomatis tercatat di PeduliLindungi,” ujar Gaery.

Cara Menggunakan PeduliLindungi lewat tiket.com:
• Masuk ke dalam laman home aplikasi tiket.com
• Temukan icon PeduliLindungi
• Masukan detail Nama Lengkap Sesuai Identitas dan NIK
• Klik konfirmasi
• Akan tertampil data detail identitas yang dimasukan
• Klik Lanjutkan Scan QR Code
• Berikan izin akses kamera pada perangkat Anda



• Detail lokasi yang di scan akan tertampil
• Klik check in di lokasi tersebut
• Hasil keterangan akan tertampil sesuai data pengguna dalam PeduliLindungi
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)