5 Parameter Aman Cek Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

Rabu, 15 September 2021 - 18:01 WIB
loading...
5 Parameter Aman Cek Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi
Lima cara aman cek aertifikat vaksin di PeduliLindungi. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Beberapa waktu lalu beredar kabar soal sertifikat vaksinasi Presiden Joko Widodo di aplikasi PeduliLindungi bocor ke media sosial.

Untuk memudahkan masyarakat sekaligus menjamin keamanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui unggahan Instagram, membagikan fungsi periksa Sertifikat Vaksinasi COVID-19 di PeduliLindungi. BACA JUGA - Tunjukkan PeduliLindungi saat Masuk Ancol, Handphone Anies Pecah Bikin Salfok Warganet

Pengguna bisa menggunakan 5 parameter, yakni Nama, Nomor Identitas Kependudukan (NIK), Tanggal Lahir, Tanggal vaksin, dan Jenis vaksin.

"Tanpa kelima informasi ini, sertifikat vaksin kita tidak dapat dicek pihak lain," tulis Kemenkominfo.

Alasan ada orang yang bisa mendapatkan informasi sertifikat vaksinasi COVID-19 Presiden Joko Widodo adalah karena informasi nama, tanggal lahir, tanggal vaksin, jenis vaksin milik Joko Widodo tersedia secara umum di berbagai media.

Informasi NIK Presiden Joko Widodo juga tersedia pada situs Komisi Pemilihan Umum sebagai data calon presiden pada saat Pemilihan Presiden.

" PeduliLindungi aman. Tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh informasi yang tidak tepat terkait sistem PeduliLindungi," kata Kemenkominfo.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)