Super App Ina Digital Segera Diluncurkan, Diresmikan Presiden Jokowi

Jum'at, 19 April 2024 - 19:28 WIB
loading...
Super App Ina Digital Segera Diluncurkan, Diresmikan Presiden Jokowi
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie menegaskan super app Ina Digital akan diluncurkan dalam waktu dekat. (Foto: Tangguh Yudha)
A A A
JAKARTA - Super app Ina Digital akan segera dirilis tidak lama lagi. Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie usai melakukan pertemuan dengan Mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, Jumat (19/4/2024).

Dalam paparannya, Menkominfo menyebut super app Ina Digital akan dirilis beberapa bulan lagi, setelah berkordinasi dengan beberapa kementerian dan lembaga. Ia menyampaikan nantinya peresmian akan lakukan oleh Presiden Joko Widodo. "Mudah mudahan Mei-Juni lah, dua bulan, tiga bulan ke depan," tuturnya.

Dia menjelaskan nantinya akan ada 9 super app yang akan diluncurkan untuk mengurus 9 isu prioritas. Di antaranya tentang layanan pendidikan terintegrasi, layanan kesehatan terintegrasi, layanan bantuan sosial terintegrasi, dan layanan kepolisian terintegrasi.



"Jadi 9 super app yang mengurus 9 isu prioritas menyangkut rakyat. Kesehatan, pendidikan, transportasi, sim, bansos, dll. Pokoknya ada 9 isu prioritas," ujarnya.

Menkominfo menambahkan, pihaknya telah belajar banyak dari negara lain untuk bisa menghadirkan super app ini. Digadang-gadang super app nantinya akan membawa lompatan besar dibanding dengan super app yang sebelumnya dipelajari.



"Kita melompat dari sebuah proses. Misal Estonia dulu pelan-pelan, kita kalau udah bisa lompat ya lompat aja. Hemat waktu jadi bisa lebih cepat. Kalau kita belajar itu, belajar pengalaman dari negara lain itu mereka kelas 1-12, sementara kita lebih advance lagi enggak perlu mengikuti mereka dari awal karena kita sudah cukup belajar," katanya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)