Fokus di Strategi O2O, Alasan JD.ID Agresif Buka Toko Elektronik Offline

Rabu, 15 September 2021 - 21:05 WIB
loading...
Fokus di Strategi O2O, Alasan JD.ID Agresif Buka Toko Elektronik Offline
JD.ID bermitra dengan Grup AEON Mall Indonesia (AMI) dan baru saja meresmikan JD.ID Electronic Store di AEON Mall Sentul City. Foto: dok JD.ID
A A A
BOGOR - JD.ID semakin agresif membuka gerai offline, JD.ID Electronic Store . Karena sebagian perusahaan e-commerce menganggap bahwa O2O atau online to offline adalah strategi bisnis terbaik di aplikasikan di Indonesia.

JD.ID Electronic Store adalah toko elektronik yang dapat dikunjungi secara tatap muka di AEON Mall Sentul City, Bogor. Soft launching sudah digelar sejak 7-13 September 2021 silam.

BACA JUGA: JD.ID Bikin Gerai Offline JD Hub Berkonsep Mini Market

Dengan luas gerai sebesar 1200 m2, JD.ID Electronic Store menjual berbagai macam produk kebutuhan konsumen. Mulai smartphone, gadget, laptop, hingga produk home appliance, home living, dan furniture.

Menariknya, selain memiliki display area, JD.ID Electronic Store juga menghadirkan experience area. Antara lain Gaming, Smart Living, Kitchen, Bedroom, dan fasilitas center of activity.

Fokus di Strategi O2O, Alasan JD.ID Agresif Buka Toko Elektronik Offline

”Ini adalah gerai offline ke-5 JD.ID. JD.ID Electronic Store diharapkan memudahkan konsumen memilih platform belanja yang paling sesuai dengan kebutuhannya,” beber Zhang Li, Chief Executive Officer (CEO) JD.ID.

Berdasarkan hasil riset “Perilaku Konsumen E- commerce Pada Tahun 2021” dari MarkPlus Inc, penjualan produk elektronik pada platform e-commerce mengalami peningkatan secara signifikan selama masa pandemi.

Namun, ada perubahan perilaku belanja konsumen di Indonesia selama periode pandemi, terutama dalam hal belanja produk elektronik.

Chief Financial Officer (CFO) JD.ID Sandy Permadi mengatakan, strategi bisnis O2O (online-to-offline) memungkinkan pelanggan mendapat pengalaman belanja yang baru, menyenangkan, dan bebas repot.

Menurut Sandy, strategi omni-channel yang mengkombinasikan dua saluran bisnis berbeda tersebut sudah dilakukan sejak 2018. ”Kami membuka gerai O2O pertama pada Agustus 2018 karena ingin konsisten menghadirkan pengalaman belanja baru,” ujar Sandy.

JD.ID Electronic Store di AEON Mall Sentul City didukung fitur Nearby Shops dalam aplikasi JD.ID. Dampaknya, menurut Director of 3C Business Unit JD.ID Irwan Nusyirwan, mereka bisa memberikan akses bagi para pelanggan yang berada di area sekitar lokasi untuk berbelanja kebutuhan produk elektronik, dari rumah masing-masing, sekaligus menciptakan traffic customer dari online ke offline atau sebaliknya.

BACA JUGA: Traveloka Eats Klaim Sudah Hapus Semua Menu Olahan Daging Anjing

Yang diharapkan dari JD.ID Electronic Store di AEON Mall Sentul City antara lain lewat concept store yang fokus pada produk gadget dan elektronik, kolaborasi pengembangan gerai online to offline (O2O), pengembangan ekosistem JD.ID Nearby Shops untuk para tenant di AEON Mall Sentul City, serta saling mendatangkan traffic pelanggan.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2053 seconds (11.252#12.26)