Ancaman Ransomware, Pakar Keamanan Siber: Regulasi Masih Lemah

Jum'at, 10 September 2021 - 19:17 WIB
loading...
Ancaman Ransomware, Pakar Keamanan Siber: Regulasi Masih Lemah
Pakar keamanan menegaskan bahwa tidak ada sistem yang 100% aman, yang dapat menghalau semua serangan siber pada saat sekarang dan di masa depan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Belakangan virus ransomware kembali ramai mengancam pengguna gawai. Pakar keamanan siber Pratama Persadha menjelaskan bahwa ransomware bisa masuk darimana saja dan ini memang salah satu resiko work from home (WFH).

Ada berbagai macam cara masuk virus ransomware. Bisa saja dengan praktek phising, credential login yang lemah, atau dikarenakan mengakses situs sembarangan dengan menggunakan jaringan dan peralatan yang tidak aman.



"Minimal kita bisa meminimalisirnya dengan menggunakan VPN atau antivirus yang selalu ter-update," kata Pratama, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (10/9).

Lebih lanjut, Pratama memaparkan, pada 2020 juga banyak kasus serangan ransomware yang dialami perusahaan besar, misalnya Garmin dan Honda.

Pratama menegaskan, tidak ada sistem yang 100% aman, yang dapat menghalau semua serangan siber pada saat sekarang dan di masa depan.

Sementara di dalam negeri, Pratama mencontohkan serangan ransomware beberapa tahun yang lalu. Dalam kasus serangan ransomware Wannacry pada Mei 2017, ada satu rumah sakit yang menjadi korban, yaitu RS Dharmais.

“Kita bisa lihat bagaimana kegiatan RS langsung lumpuh total dan semua akhirnya dilaksanakan dengan manual agar kegiatan RS terus berjalan,” imbuhnya. Negara seperti Estonia, kata Pratama, melihat dampak keamanan siber sebagai hal yang krusial, bahkan mereka membuat daftar urutan negara sesuai keamanan siber.

NCSI (National Cyber Security Index) dari Estonia menempatkan Indonesia pada peringkat 77 dalam hal keamanan siber. Rendahnya peringkat Indonesia, menurut Pratama, terutama disebabkan regulasi UU terkait keamanan siber yang masih sangat lemah.

Serangan virus ini juga sebagai peringatan bagi perkembangan industri teknologi di Tanah Air yang terkoneksi dengan internet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)