Tips Agar Data Pribadi Aman dari Hacker

Kamis, 09 September 2021 - 17:17 WIB
loading...
Tips Agar Data Pribadi Aman dari Hacker
Perlindungan data pribadi menjadi persoalan penting seiring banyaknya kebocoran data di Indonesia. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Data pribadi kini menjadi barang berharga. Tak heran jika banyak tangan jahil, termasuk para hacker yang ada saja caranya untuk membobol data pribadi kita.

Apalagi pada ponsel, dimana keseharian kita tak bisa lepas dari benda tersebut. Ponsel menyimpan data pribadi dalam jumlah besar, seperti layanan perbankan, foto pribadi, bahkan tak jarang digunakan untuk menyimpan nomor-nomor identitas.

BACA JUGA: Startup Aset Kripto Zipmex Kantongi Pendanaan Seri B Senilai Rp585 M

Untuk itu ketahui tips agar data pribadi terhindari dicuri para hacker. Berikut Sindonews rangkum dari CNET, Kamis (9/9), beberapa langkah mudah yang direkomendasikan oleh para pakar keamanan siber, agar data di ponsel tidak terjamah oleh tangan-tangan nakal.

1. Gunakan pengelola password

Password yang paling kuat terdiri dari variabel acak, seperti serangkaian huruf, angka dan simbol. Namun kerap kali password rumit susah untuk diingat.

Di sinilah aplikasi pengelola kata sandi berguna. Pengelola kata sandi menyimpan semua kata sandi Anda dalam satu aplikasi terenkripsi dan melindungi kata sandi.

Beberapa layanan seperti Google Chrome dan aplikasi ponsel milik Samsung menawarkan penyimpanan kata sandi ini.

Sebaiknya hindari juga menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun. Jadi jika satu akun disusupi dalam pelanggaran data, semua akun tidak terpengaruh.

2. Gunakan VPN Saat Memakai Wi-Fi Publik
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3173 seconds (10.55#12.26)