Tips Agar Data Pribadi Aman dari Hacker

Kamis, 09 September 2021 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Jika Anda akan menggunakan jaringan Wi-Fi publik saat menggunakan ponsel alih-alih menggunakan data seluler, para ahli menyarankan untuk menggunakan VPN.

Jaringan pribadi virtual dapat menjaga data Anda agar tidak diintip oleh orang lain yang bersembunyi di jaringan publik yang sama.

Mereka juga dapat menutupi transmisi data, menghindari pemfilteran dan penyensoran di internet dan memungkinkan Anda mengakses berbagai konten yang lebih luas di seluruh dunia.

Apple App Store dan Google Play Store memiliki lusinan aplikasi VPN yang gratis. Tapi tetap berhati-hatilah dalam memilih aplikasi VPN.

3. Perhatikan Izin Aplikasi

Salah satu tips yang hampir semua ahli sebutkan adalah memeriksa ulang izin apa saja yang diminta aplikasi untuk diakses.

Anda juga harus bertanya pada diri sendiri apakah masuk akal jika sebuah aplikasi meminta izin tertentu. Aplikasi yang meminta akses ke data yang tidak relevan dengan fungsinya adalah tanda peringatan utama.

"Saat mengunduh aplikasi sederhana untuk kalkulator saku, tiba-tiba aplikasi tersebut meminta akses ke daftar kontak dan lokasi Anda. Maka Anda harus curiga," kata Stephen Hart, CEO Cardswitcher. "Mengapa kalkulator perlu melihat daftar kontak dan lokasi Anda? Permintaan seperti itu seharusnya bisa jadi pertanda," sambungnya.

4. Riset Aplikasi dan Pembuatnya

Meski Anda tidak dapat mengetahui secara langsung apakah suatu aplikasi memiliki motif jahat, bertanya kepada “Mbah Google” dapat dilakukan untuk mencari informasi tambahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)