Perjuangkan Kebebasan, Reddit Menolak Disuruh Blokir Komunitas Anti Vaksin

Minggu, 29 Agustus 2021 - 23:02 WIB
loading...
Perjuangkan Kebebasan, Reddit Menolak Disuruh Blokir Komunitas Anti Vaksin
Situs media sosial Reddit menolak permohonan dari moderator forum pro-vaksin untuk memblokir komunitas anti vaksin. Foto/dok
A A A
NEW YORK - Situs media sosial Reddit menolak permohonan dari moderator forum pro-vaksin untuk berbuat lebih banyak dalam memerangi kesalahan informasi Covid-19. Sebaliknya, Reddit menggandakan argumen "forum terbuka" dan enggan melarang komunitas anti vaksin di media sosial mereka.

Dalam pengumuman di situs resminya, CEO Reddit Steve Huffman mengatakan: “Meskipun kami menghargai sentimen dari mereka yang menuntut agar kami melarang lebih banyak komunitas yang menentang pandangan konsensus tentang pandemi."



"Kami terus percaya pada kebaikan komunitas kami dan berharap bahwa kami secara kolektif menghadapi tantangan pandemi dengan empati, kasih sayang, dan kesediaan untuk memahami apa yang dialami orang lain, bahkan ketika sudut pandang mereka tentang pandemi berbeda dari Anda."

Pernyataan Huffman datang sebagai tanggapan atas surat terbuka dari subreddit r/vaxxhappened, halaman pro-vaksin yang menggambarkan dirinya sebagai tempat untuk "mengumpulkan kisah-kisah keterlaluan dan berbahaya yang diceritakan oleh anti-vaxxers bodoh di semua bentuk media."

Dalam suratnya, moderator kelompok mendesak pendiri Reddit untuk melarang komunitas yang ada hanya untuk menyebarkan disinformasi medis dan merusak upaya memerangi pandemi global.

Lusinan subreddit lainnya, termasuk halaman besar seperti r/dataisbeautiful dan r/mildlyinfuriating, membagikan surat grup dan bergabung dengan ajakan bertindak. "Tidak ada ruang untuk keringanan hukuman ketika orang-orang sekarat akibat kesalahan informasi di platform ini," bunyi surat itu.



Reddit sama sekali tidak sendirian dalam hal memungkinkan penyebaran informasi yang salah, propaganda, dan ujaran kebencian, meskipun pendekatannya terhadap moderasi konten — sebagian besar mengandalkan sukarelawan dalam komunitas individu — jauh lebih terdesentralisasi daripada Twitter atau Facebook.

Meskipun Reddit telah menempuh perjalanan jauh dalam hal mengekang ujaran kebencian dan mengekang troll, moderator pro-vaksin mengatakan situs tersebut belum cukup berbuat untuk menghentikan penyebaran kebohongan Covid melalui "banyak pengulangan."

Dalam tanggapannya Rabu malam, Huffman mengatakan Reddit akan terus menyoroti panduan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dan mengambil tindakan terhadap konten "penipuan", seperti kartu vaksin palsu, dan pos apa pun yang mendorong bahaya. Itu ide yang bagus, tetapi fakta saja tidak pernah menjadi penangkal yang efektif untuk teori konspirasi.



Di Reddit, seperti halnya Facebook dan Twitter, ide-ide berbahaya tidak hanya diberikan waktu tayang, mereka juga diberikan megafon. Para pemimpin Silicon Valley seperti Zuckerberg dan Huffman seharusnya tidak bisa begitu saja meninggalkan apa yang telah mereka buat, mengklaim bahwa mereka mendukung kebebasan berbicara dan debat jujur, terutama ketika mereka mengambil untung dari kebohongan dan informasi yang salah yang terus diperkuat oleh situs mereka.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2670 seconds (0.1#10.140)