Asyik, Microsoft Izinkan PC Lama Bisa Menginstal Windows 11

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 13:00 WIB
loading...
Asyik, Microsoft Izinkan PC Lama Bisa Menginstal Windows 11
Sebelumnya, Microsoft mensyaratkan hanya Intel Generasi ke-8 dan lebih tinggi dari CPU yang didukung secara resmi yang bisa menginstal Windows 11. Foto/dok
JAKARTA - Microsoft mengumumkan bahwa mereka tidak akan memblokir PC dan CPU lama untuk menginstal Windows 11. Ini berarti siapa pun dengan PC dengan CPU lama yang tidak lulus uji pemutakhiran secara resmi masih dapat melanjutkan dan mengunduh file ISO Windows 11 dan menginstal OS secara manual.

Dilansir The Verge, Sabtu (28/8/2021), sebelumnya, Microsoft mensyaratkan hanya Intel Generasi ke-8 dan lebih tinggi dari CPU yang didukung secara resmi yang bisa menginstal Windows 11. Namun sekarang syarat tersebut diubah hanya untuk kalangan bisnis.

Apa yang dilakukan Microsoft ini merupakan perubahan besar yang berarti jutaan PC tidak akan ketinggalan, secara teknis. Konsumen masih perlu melakukan upaya mengunduh file ISO dan menginstal Windows 11 secara manual asalkan CPU Anda memiliki prosesor 1GHz 64-bit dengan dua atau lebih inti, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB.

BACA: Windows 11 Resmi Dirilis, Ini Deretan Fitur Barunya



Di samping solusi untuk menginstal Windows 11, Microsoft juga mengubah persyaratan sistem minimumnya untuk memasukkan lebih banyak prosesor. Intel Core X-series dan Xeon W-series sekarang akan secara resmi didukung untuk upgrade Windows 11, bersama dengan chip Intel Core 7820HQ yang ada di dalam Surface Studio 2.

Microsoft telah menguji prosesor ini dengan Intel, tetapi 7820HQ hanya didukung pada perangkat yang dikirimkan dengan Declarative, Componentized, Hardware Support Apps (DCH). DCH adalah desain driver Microsoft untuk diadopsi oleh OEM dan produsen perangkat keras dalam beberapa tahun terakhir.

Aplikasi seperti panel kontrol GPU dipisahkan dari penginstalan driver dengan DCH, memungkinkan OEM untuk memperbaikinya secara terpisah tanpa harus mengeluarkan pembaruan driver baru.

Microsoft tidak akan secara resmi mendukung CPU Zen 1 apa pun, meskipun baru-baru ini mengujinya. “Setelah menganalisis dengan cermat generasi pertama prosesor AMD Zen dalam kemitraan dengan AMD, bersama-sama kami menyimpulkan bahwa tidak ada penambahan pada daftar CPU yang didukung,” kata tim Microsoft Windows dalam posting blog hari ini.

BACA JUGA: Kerangka Manusia Purba Denisovan Berusia 72.000 Tahun Ditemuakn di Sulawesi
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE