Windows 11 Resmi Dirilis, Ini Deretan Fitur Barunya

Jum'at, 25 Juni 2021 - 14:09 WIB
loading...
Windows 11 Resmi Dirilis, Ini Deretan Fitur Barunya
Microsoft akhirnya resmi mengumumkan sistem operasi desktop anyar, Windows 11. Foto/dok
REDMON - Microsoft akhirnya resmi mengumumkan sistem operasi desktop anyar, Windows 11. Perusahaan mengatakan, fokus Windows 11 saat ini adalah pada penyederhanaan tampilan interface, Microsoft Store, dan peningkatan kerja multitasking.

Versi baru ini membawa beberapa peningkatan, termasuk UI yang didesain ulang, fitur manajemen window yang diperbarui, dan bahkan dukungan untuk aplikasi Android.

Melihat tampilan yang diluncurkan, Windows 11 menghadirkan posisi Start di tengah-tengah taskbar. Tampilan UI ini sebelumnya ditemukan pada bocoran proyek Windows 10X yang kemudian dibatalkan.

BACA: Microsoft Tuding Hacker Rusia Serang Akun Kelompok HAM AS

Lalu apa saja deretan fitur barunya? Dirangkum dari laman The Verge, Jumat (25/6/2021), berikut detailnya.



1. Snap Layout

Salah satu hal baru yang diperkenalkan adalah fitur yang disebut Snap Layout atau dukungan multi-monitor. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka banyak aplikasi sekaligus dengan koneksi ke layar eksternal dari laptop.

Sistem akan mengingat lokasi aplikasi yang dibuka pada layar terpisah tersebut dan tidak mengganggu layout layar utama. Posisi aplikasi itu akan kembali ketika pengguna melakukan koneksi ulang ke monitor.

2. Microsoft Teams di Windows 11

Microsoft juga mengintegrasikan Microsoft Teams langsung ke Windows 11 untuk konsumen. Teams terintegrasi langsung ke bilah taskbar yang memungkinkan pengguna Windows 11 untuk menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja.



Ini adalah perubahan besar dari Skype sebelumnya yang dibundel sebagai bagian dari Windows 10. Bahkan terdapat tombol bisu universal di sistem tray sehingga pengguna dapat dengan mudah menonaktifkan mikrofon di semua aplikasi.

3. Widgets dan gerakan sentuh

Tambahan lainnya adalah Widgets dan gerakan sentuh juga merupakan bagian besar dari Windows 11. Widgets telah didukung konten yang dipersonalisasi dan dilengkapi dukungan AI. Widgets muncul pada sisi kiri Windows 11 dan bisa diatur sesuai keinginan pengguna.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE