DANA Ingin Permudah Asisten Rumah Tangga Kirim Uang ke Keluarga di Kampung

Rabu, 25 Agustus 2021 - 21:05 WIB
loading...
DANA Ingin Permudah Asisten Rumah Tangga Kirim Uang ke Keluarga di Kampung
DANA berharap ART migran digaji melalui platform mereka karena banyak yang belum memiliki rekening bank. Foto: dok DANA
A A A
JAKARTA - Pekerja sektor informal mencapai 78,14 juta atau sekitar 60% dari total jumlah tenaga kerja Indonesia (data Badan Pusat Statistik, Februari 2021).

Namun, rendahnya literasi di bidang keuangan dan teknologi digital membuat pekerja informal khususnya ART kesulitan mensejahterahkan keluarga. Seperti mengirim uang.



Menggandeng DANA, Women's World Banking melakukan penelitian pengujian lapangan, dan mengembangkan solusi untuk mempromosikan pengiriman uang sebagai contoh transaksi yang dapat diaplikasikan di kalangan pekerja domestik migran.

Program ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan digital bagi pekerja rumah tangga. Juga, agar para pemberi kerja – yang sudah menjadi pengguna DANA – memanfaatkan DANA sebagai media melakukan pembayaran gaji untuk asisten rumah tangga mereka. Sekaligus mengedukasi asisten rumah tangga untuk mengirimkan uang kepada keluarga di rumah melalui DANA.

”Kami ingin menanamkan bahwa dompet digital mudah digunakan oleh siapapun, termasuk oleh para ART dan mereka bisa membantu keluarga lewat transaksi nontunai aman dan nyaman,” beber Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA.

Menurut Monita, program tersebut melibatkan kedua ART maupun pemberi kerja. ”Meningkatkan literasi keuangan digital butuh keterlibatan seluruh pihak. Termasuk dari para pemberi kerja,” beber Monita.

Berdasarkan penelitian Women's World Banking, sebagian besar gaji pekerja domestik migran (ART) dibayar tunai setiap bulan, dengan jumlah berkisar antara Rp1,5 - 2,2 juta per bulan (USD140 - USD150).

”Banyak dari mereka yang belum memiliki rekening bank dan meminta pemberi kerja untuk mengirimkan 50%-75% dari gaji mereka langsung ke keluarga mereka. Kemudian menyimpan sisanya dalam bentuk tunai untuk penggunaan pribadi,” beber Christina Maynes, Regional Director SEA Women's World Banking.

“Seiring meningkatnya layanan keuangan digital di seluruh Asia Tenggara, hambatan signifikan terhadap inklusi keuangan perempuan masih terjadi di Indonesia,” ia menambahkan.

Karena itu, Christina menyebut bahwa DANA sebagai salah satu dari tiga dompet digital teratas di Indonesia memiliki potensi sangat baik untuk mengurangi kesenjangan ini dan meningkatkan taraf hidup asisten rumah tangga di Indonesia dan membantu mereka mengirimkan gaji kepada keluarga mereka di rumah.

”Kami optimistis bahwa asisten rumah tangga akan mendapatkan kepercayaan diri dalam menggunakan layanan keuangan digital dan memiliki pengetahuan yang luas dalam mengelola keuangan mereka,” ujar Christina. Begini cara mengakses program tersebut:

Bagi pemberi kerja:
● Buka aplikasi DANA
● Terdaftar sebagai DANA Premium
● Akses laman ‘Saya (Me)’
● Masukkan kode promo yang diperoleh ke dalam menu “Enter Promo Code”.
● Pemberi kerja harus melakukan transfer gaji minimum Rp500.000 kepada asisten rumah tangga dengan menggunakan fitur kirim uang pada aplikasi DANA.



Untuk Asisten Rumah Tangga
● Memastikan akunnya terdaftar DANA Premium
● Akses laman ‘Saya (Me)’
● Masukkan kode promo yang diperoleh pada menu “Enter Promo Code”.
● Asisten rumah tangga diwajibkan menggunakan minimal 1 (satu) kali fitur kirim uang dari aplikasi DANA dengan minimum transfer senilai Rp500.000.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)