Gelar PANDI Meeting 12, Jadi Momentum Selebrasi .id Juara di Asia Tenggara

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 16:19 WIB
loading...
Gelar PANDI Meeting 12, Jadi Momentum Selebrasi .id Juara di Asia Tenggara
peresmian Indonesia Anti-Phishing Data Exchange . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menyelenggarakan acara tahunan yang bernama PANDI Meeting 12 secara daring pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021.

Pada hari pertama PANDI Meeting 12 ini, terdapat beberapa kegiatan diantaranya Opening Ceremony, acara ini dihadiri oleh Prof. Dr. R. Agus Sartono, MBA selaku Deputi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Semuel Abrijani Pangerapan selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Muhammad Neil El Himam selaku Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Mayor Jenderal TNI Ferry Supriyanto, S.Sos. Pa Sahli Tk. III Bidang Intekmil dan Siber Panglima TNI mewakili Panglima TNI Republik Indonesia, Freddy Harris selaku Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Jia-Rong Low selaku Vice President ICANN – Stakeholder Engagement and Managing Director Asia Pacific, Sanjaya selaku Deputy Director General APNIC – Asia Pacific Network Information Centre, Ai-Chin Lu selaku Board chair APTLD, dan Hammam Riza Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Republik Indonesia.

Dengan tema “Langkah Kemajuan atas Ketahanan dan Kehadiran Digital Bangsa Indonesia”, PANDI menyoroti Phising yang kerap terjadi di dunia digital, untuk itu PANDI meresmikan Indonesia Anti-Phishing Data Exchange dan mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk memerangi Phising.

Ketua PANDI, Yudho Giri Sucahyo mengatakan bahwa pentingnya memerangi Phising dikarenakan pertumbuhan internet yang semakin massif membuat kita perlu meningkatkan kemananan dan ketahanan di internet dari serangan Phising yang semakin banyak.

Selain meresmikan Indonesia Anti-Phishing Data Exchange, PANDI juga merayakan keberhasilannya atas capaian menjadi juara di Asia Tenggara.

Keberhasilan PANDI menjadi domain nomor satu terbanyak di Asia Tenggara dan pertumbuhan tercepat di dunia merupakan kerja keras segenap keluarga PANDI, bersama seluruh pemangku kepentingan serta Mitra PANDI yang telah berusaha keras untuk percepatan digitalisasi agar seluruh lapisan masyarakat merasakan manfaatnya.

"Jumlah pengguna domain .id baru mencapai 35 persen atau posisi kedua dari jumlah domain yang ada di Indonesia, kedepannya kami mengajak pemangku kepentingan, swasta dan masyarakat menggunakan domain .id." Tambah Yudho.

Kedepan PANDI juga berharap bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, untuk itu kami mengajak semua pihak mulai dari pemerintah, swasta dan masyarakat menggunakan nama domain .id.

Di akhir sesi PANDI Meeting 12 hari ini ditutup dengan dengan sesi Talkshow dengan tema “Langkah Kemajuan atas Kehadiran dan Ketahanan Digital Bangsa Indonesia” yang dipandu oleh Brata Taruna Hardjosubroto selaku Anggota Pendiri PANDI. Talkshow ini dihadiri oleh para narasumber di antaranya Muhammad Neil El Himam selaku Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Mariam F. Barata selaku Tenaga Ahli Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, M. Shidiq Purnama selaku Kepala Operator Registri PANDI, Peter Cassidy selaku Secretary General Anti-Phishing Working Group, Jia-Rong Low selaku Vice President ICANN – Stakeholder Engagement and Managing Director Asia Pacific dan Parlindungan Marius selaku Registrar Registrindo.

Sebagai tambahan, PANDI Meeting 12 merupakan acara tahunan PANDI yang terdiri dari berbagai program menarik dan bermanfaat terkait dengan pengelolaan nama domain .id.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan di ekosistem tata kelola internet di Indonesia seperti media, pemerintah, regulator, komunitas TIK, akademisi, industri , praktisi, mahasiswa serta publik.Kegiatan ini dilakukan secara daring pada 21 & 27 Agustus 2021.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)