Voigtlander Nokton 35mm F/1.2 X Mount, Lensa Manual Bokeh untuk Penggemar Street Photography

Senin, 09 Agustus 2021 - 10:12 WIB
loading...
Voigtlander Nokton 35mm F/1.2 X Mount, Lensa Manual Bokeh untuk Penggemar Street Photography
Voigtlander dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi lensa manual dengan bukaan besar, lensa fix, serta berukuran kompak. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Voigtlander baru saja mengenalkan lensa Nokton 35mm F/1.2 X Mount. Ini adalah lensa manual yang diklaim akan jadi idaman fotografer profesional dan mereka yang hobi fotografi luar ruangan (street photography).

Wajar jika orang-orang yang hobi fotografi saja yang kenal dengan merek lensa Voigtlander. Sebab, pabrikan lensa ini menyasar segmen spesifik. Yakni para fotografer hobi/profesional serius yang benar-benar suka ngulik.



Voigtlander adalah salah satu merek lensa yang diproduksi Cosina di Jepang. Mereka juga memproduksi sebagian besar lensa Zeiss. Ciri khas produk lensa Voigtlander adalah bahannya yang terbuat dari logam sehingga sangat kokoh, lensa yang fix, fokus manual, serta ukuran yang kompak. Lensa Voigtlander biasanya dipadupadankan dengan kamera Fuji hingga Leica. Yang memang penggunanya ingin mendapatkan foto subyek atau obyek yang bokeh.

Dulu, Voigtlander dikenal sebagai lensa alternatif dibawah lensa Leica dan Zeiss. Tapi, belakangan mereka meningkatkan segmentasi brand dengan cara membuat desain produk lebih baik serta proses manufaktur lebih canggih.

Di Indonesia, Voigtlander sebenarnya cukup populer di kalangan fotografer. Produk mereka pun cukup banyak tersedia di pasaran.

Voigtlander Nokton 35mm F/1.2 X Mount, Lensa Manual Bokeh untuk Penggemar Street Photography

Dan yang terbaru adalah Voigtlander Nokton 35mm F/1.2 X Mount, lensa yang ditargetkan untuk pengggemar street photography.

Lensa ini memang manual. Tapi, sudah punya chip elektronik pada dudukan lensa. Lensa akan berkomunikasi dengan kamera dan memberi pengguna informasi EXIF, konfirmasi/pemeriksaan fokus, jarak pemotretan, dan image stabilizer. Fitur ini dapat dipakai di kamera Fujifilm, yang mungkin segmen terbesar Voigtlander.

Bukaan aperture maksimal Voigtlander memang dikenal sangat besar. Yakni mencapai F/1.2. Bodi lensa 35mm ini juga seluruhmnya terbuat dari logam.
Ring fokus dirancang memiliki desain helikoidal presisi tinggi. Tujuannya untuk penyesuaian fokus halus dan presisi.

Desain lensa Voigtlander Nokton 35mm F/1.2 terdiri dari 8 elemen dalam 6 grup. Diafragma bukaan terdiri dari dua belas bilah bukaan. Diameter filter depan adalah 46mm, dan jarak fokus minimum adalah 30cm.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6277 seconds (0.1#10.140)