Teknologi IoT Telkomsel Digunakan PDAM Agar Tagihan Air Pelanggan Lebih Akurat

Rabu, 04 Agustus 2021 - 23:12 WIB
loading...
A A A
Apa Gunanya?
Dengan IoT, PDAM dapat mengetahui Non Revenue Water (NRW) apabila terjadi kebocoran pada instalasi pipa, mengetahui penggunaan air yang berlebih, dan dapat membaca jumlah penggunaan air oleh pelanggan di water meter secara real-time.

Pemanfaatan teknologi ini juga dapat mengurangi potensi kesalahan di water meter pelanggan, memberi akurasi tagihan lebih tepat, serta dapat diintegrasikan dengan sistem prabayar. Sehingga memudahkan PDAM maupun pelanggan bertransaksi.

Direktur Utama PT Barindo Anggun Industri Irwan S. Prayugo mengatakan, penerapan teknologi Smart Water Meter bermanfaat baik bagi perusahaan maupun para pelanggan.

Surabaya dan Makassar
Pada tahap awal kerjasama ini, Smart Water Meter akan tersedia di wilayah Surabaya dan Makassar, yang kemudian akan mencakup 12 kota besar Indonesia lainnya.

Ke depan, ketersediaan alat ukur pemakaian air akan terus bertambah seiring semakin tingginya kebutuhan sektor industri dan korporasi terhadap solusi yang dihadirkan melalui teknologi IoT Telkomsel.



Selain Air, JugaLampu, Sepeda, dan Ikan
Selain mengimplementasikan teknologi NB-IoT pada sistem Smart Water Meter, Telkomsel IoT telah mengaktualisasikan NB-IoT pada smart metering PLN, smart lighting pada lampu jalan, konsep bike sharing di Universitas Indonesia, dan pada smart sensing untuk pemberian pakan ikan otomatis dengan menjalin kolaborasi bersama startup agriculture Indonesia, e-Fishery.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)