Bye Qualcomm, Google Akan Bikin Prosesor Sendiri Bernama Tensor

Selasa, 03 Agustus 2021 - 09:16 WIB
loading...
Bye Qualcomm, Google Akan Bikin Prosesor Sendiri Bernama Tensor
Chip Google bernama Tensor, dan hanya akan digunakan di produk Pixel high end. Foto: ist
CALIFORNIA - Google agaknya tidak mau bergantung ke perusahaan lain terkait chip/prosesor smartphone. Karena itu, mereka berencana membuat chip sendiri.

Chip itu untuk sementara memang tidak dijual ke perusahaan lain. Namun, dirancang secara khusus untuk ponsel Google Pixel mereka yang akan segera di luncurkan. Chipnya akan dibuat oleh Alphabet Inc, induk perusahaan Google.

BACA JUGA: Ternyata Ini Keunggulan Pelajar dan Sekolah Memakai Chrome OS Dibanding Windows

Tentu saja, perusahaan yang paling terampak dari rencana Gogole ini adalah Qualcomm. Karena selama 15 tahun terkahir, ponsel Google Pixel ditenagai oleh chip Qualcomm.

Prosesor buatan Google itu diberi nama Tensor. Nantinya, akan digunakan di Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Sayangnya, Google masih belum memberikan informasi kapan ponsel itu akan diluncurkan.



Meski demikian, Google mengatakan bahwa Pixel 5a masih menggunakan prosesor buatan Qualcomm.

Bagaimana tanggapan Qualcomm? ”Kami masih terus bekerja sama dengan Google untuk membuat produk-produk menarik menggunakan platform Snapdragon,” ujar jubri Qualcomm.

Tahun lau, Apple juga memutuskan membuat prosesor sendiri untuk produk Mac mereka, dan tentu saja akan dipakai juga di iPhone. M1, nama chip mereka, dipuji sangat baik dan tangguh. Artinya, Apple memangkas kerja sama dengan Intel Corp, yang sebelumnya membuat chip untuk Mac.

Mengapa Google membuat chip sendiri? Ada banyak alasannya. Pertama, agar tidak tergantung dengan perusahaan lain dan mempermudah desain produk. Kedua, tetap menjaga keuntungan tinggi. Karena prosesor adalah salah satu bagian termahal dari smartphone.

Ketiga, akan meningkatkan daya tarik Pixel yang memakai prosesor baru.

BACA JUGA: Menjawab Kebingungan Masyarakat Tentang Vaksinasi Dosis Ketiga

Keempat, saat ini chip komputer adalah komponen elektronik yang paling dicari. Karena dibutuhkan tidak hanya di industri teknologi, tapi juga otomotif. Selama pandemi, aktivitas pabrik terbatas dengan adanya WFH, maka produksi chip pun juga terbatas. Apalagi sekarang ketika pabrik-pabrik mobil sudah mulai beroperasi mendekati normal.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE