Membandingkan Spek dan Harga Laptop ChromeBook Pelajar Kemendikbudristek

Senin, 02 Agustus 2021 - 10:49 WIB
loading...
Membandingkan Spek dan Harga Laptop ChromeBook Pelajar Kemendikbudristek
Laptop lokal untuk pelajar disediakan oleh jenama seperti Acer, Zyrex, Axioo, Evercoss, dan Advan. Foto: ist
JAKARTA - Warganet heboh ketika tiba-tiba muncul wacana Kemendikbudristek menganggarkan Rp10 juta untuk membeli laptop ChromeBook dengan spesifikasi yang terbilang minimalis yang akan diberikan ke berbagai sekolah di Indonesia.

Tapi, faktanya ternyata tidak seperti itu. Anggaran Rp10 juta adalah bujet yang diberikan untuk membeli laptop beserta perangkat pendukungnya.

BACA JUGA: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Laptop Merah Putih dan Laptop Kemendikbudristek

Kemudian, anggaran tersebut diberikan langsung oleh Kementerian Keuangan ke Pemerintah Daerah secara langsung. Sehingga, Pemda bebas memilih laptop sesuai kebutuhan di daerahnya sendiri dan selama sesuai dengan bujet yang telah ditentukan.



Kemendikbudristek hanya mengatur spesifikasi minimal laptop tersebut. Antara lain harus menggunakan OS Chrome (ChromeBook), HDD 32 GB, layar 11 inci, dan RAM 4 GB DDR4, prosesor Core 2.

Laptop tersebut hanya bisa dibeli di e-katalog yang ada di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Terutama, laptop “lokal” yang sudah memiliki kandungan TKDN.

Nah, Sindonews menelusuri laptop yang ada di e-katalog dengan kata kunci ChromeBook dan memiliki TKDN tinggi. Beberapa merek yang bisa dipilih, antara lain Acer, Zyrex, Axioo, Evercoss, dan Advan.

Ternyata, dari hasil perbandingan, spesifikasi yang diusung relatif serupa. Yang berbeda hanya di harganya saja. Rata-rata dibanderol Rp6 juta. Hanya Zyrex ChromeBook M432-1 saja yang dibanderol Rp5,9 juta. Nah, berikut perbandingannya:

Membandingkan Spek dan Harga Laptop ChromeBook Pelajar Kemendikbudristek

Acer ChromeBook CB311_9HT
● TKDN: 26.67 persen
● Prosesor: Intel Celeron Dual Core N4020
● RAM: 4GB DDR4
● Memori internal: 32GB eMMC
● VGA: Intel UHD Graphics 600
● Layar: 11.6 inci sentuh
● Webcam: HD (1280 x 720 resolusi)
● Sistem Operasi: Chrome OS & Chrome Education Upgrade
● Berat: 1.06 kg
● Baterai: 38 Wh 3-cell Li-ion battery
● Fitur: USB Type C
● Warna: Silver
● Harga: Rp6.750.000
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE