Inilah 10 Keuntungan Menggunakan True Wireless Stereo (TWS)

Rabu, 21 Juli 2021 - 20:50 WIB
loading...
Inilah 10 Keuntungan Menggunakan True Wireless Stereo (TWS)
Counterpoint menyebut bahwa merek-merek besar tetap akan menjadi penguasa pasar TWS. Mulai dari Apple, Xiaomi, hingga Samsung. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Data dari Canalyst menyebut bagaimana vendor seperti Samsung, OPPO, dan Apple meraih pertumbuhan positif dalam penjualan perangkat TWS pada kuartal pertama 2021.

Secara global, lembaga riset Counterpoint menyebut bahwa pasar TWS akan tumbuh 33 persen di 2021 hingga mencapai 310 juta unit. Pemicunya, karena pilihan yang semakin beragam dan harga yang semakin terjangkau. Pilihan TWS entry level di harga ratusan ribu semakin banyak tersedia di pasar. Sehingga terjangkau ke lebih banyak orang.


Meski demikian, Counterpoint menyebut bahwa merek-merek besar tetap akan menjadi penguasa pasar TWS. Mulai dari Apple, Xiaomi, hingga Samsung.

Nah, pertanyaannya, mengapa perangkat earbuds nirkabel ini menjadi sangat populer sejak 2020 dan sekarang, dan apa keuntungan menggunakan TWS?

1. Tanpa Kabel
Alasan pertama TWS menjadi sangat populer, karena tidak menggunakan kabel. Musik dialirkan lewat Bluetooth 5.0 yang memiliki kualitas baik dari ponsel ke TWS. Pengguna tidak lagi diribetkan menggulung kabel saat ingin mendengarkan musik di jalan, di kereta, hingga di bis.

2. Teknologi Bluetooth 5.0
TWS yang ada saat ini sudah menggunakan teknologi Bluetooth 5.0, bahkan terbaru Bluetooth 5.2. Dampaknya, tidak hanya cepat terhubung ke ponsel, tablet, atau laptop, tapi kualitas audionya pun tetap terjaga meski tanpa kabel. Juga, jangkauan yang bisa mencapai 10 meter.

3. Desain Unik
Inilah 10 Keuntungan Menggunakan True Wireless Stereo (TWS)

Saat ini TWS tidak hanya memiliki desain unik di earbuds-nya. Tapi juga charging casenya. Bentuknya sangat beragam, warnanya pun macam-macam. Sehingga TWS juga bisa menjadi pelengkap fashion. Charging case TWS umumnya memiliki desain unik yang menarik perhatian. Karena masing-masing pabrikan memiliki desain yang berbeda-beda.

4. Hemat Daya
Dengan ketahanan bisa 8 jam sekali pakai dan total 18 jam menggunakan charging case, baterai TWS tidak jadi masalah. Karena bisa bertahan lebih dari satu hari. Mengisi dayanya pun cepat dengan fast charging.

5. Mudah Terkoneksi
TWS mudah dan cepat sekali terkoneksi ke smartphone. Karena teknologinya semakin canggih. Begitu dibuka dari case-nya otomatis langsung terhubung tanpa repot ke smartphone.

6. Harga Terjangkau
Harga TWS saat ini bisa hanya Rp300 ribuan atau sama dengan earphone kabel. Artinya, mudah bagi konsumen untuk memilih TWS yang lebih praktis, kekinian, dan modern dibandingkan earphone dengan kabel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3200 seconds (0.1#10.140)