Pasar TWS Indonesia, Samsung No 1 dan OPPO Naik 1000 Persen

Rabu, 21 Juli 2021 - 20:20 WIB
loading...
Pasar TWS Indonesia, Samsung No 1 dan OPPO Naik 1000 Persen
TWS menjadi tren baru untuk para pengguna perangkat elektronik karena kemudahannya. Tampak OPPO Enco Air. Foto: dok OPPO
JAKARTA - Lembaga riset Canalyst baru saja merilis pasar TWS di Indonesia di kuartal pertama 2021. Dan hasilnya mengejutkan.

Samsung berada di posisi pertama, dengan market share 17 persen dan pertumbuhan 20 persen dibanding tahun lalu. TWS andalan Samsung adalah Galaxy Buds, dan perangkat ini diterima dengan baik oleh pengguna Galaxy S.

BACA JUGA: Memakai POCO M3 Pro 5G di Jaringan 5G Telkomsel, Apa Dampaknya dalam Keseharian?

Ada 4 model TWS Galaxy Buds yang dijual oleh Samsung. Antara lain Galaxy Buds, Galaxy Buds Pro, Galaxy Buds Live, dan Galaxy Buds+ BTS Edition. Harganya cukup tinggi, mulai Rp1,9 juta hingga Rp2,5 jutaan.

Di posisi kedua, ada OPPO yang mengakomodir 13 persen pasar. Yang mengejutkan pertumbuhannya mencapai 1.005 persen. Ini wajar, karena sebelumnya memang OPPO tidak menjual TWS.

Tapi, kini mereka menjual beberapa produk sekaligus. ”Antara lain OPPO Band, W12, W31, Enco Buds. Karena itu pertumbuhannya terlihat sangat tinggi,” ujar PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto.



Pasar TWS Indonesia, Samsung No 1 dan OPPO Naik 1000 Persen

Di 2021, True Wireless Stereo (TWS) menjadi perangkat yang posisinya sangat penting bagi konsumen. Foto: dok Samsung

Di posisi ketiga, ada Xiaomi yang memiliki 11 persen market share. Sayangnya, pasar mereka turun 7 persen dibandingkan tahun lalu.

Mereka memiliki TWS dengan banderol hanya Rp300 ribu seperti Mi True Wireless Earbuds Basic yang menjangkau lebih banyak konsumen.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE