Cara Membersihkan Motherboard Laptop Sendiri di Rumah

Kamis, 15 Juli 2021 - 19:02 WIB
loading...
Cara Membersihkan Motherboard Laptop Sendiri di Rumah
Cara membersihkan motherboard laptop ternyata bisa dilakukan dengan alat dan cara sederhana di rumah. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara membersihkan motherboard laptop ternyata bisa dilakukan dengan alat dan cara sederhana. Untuk itu, sebelum membawanya ke tempat service, lebih baik mencoba cara mudah ini untuk membersihkan motherboard laptop Anda.

Dikutip dari Itstillworks.com, motherboard laptop sejatinya merupakan otak komputer. Seiring waktu, debu pada akhirnya akan meresap ke laptop dan menempel pada motherboard laptop sehingga mengurangi performanya.



Tak hanya itu, tumpukan debu juga dapat merusak motherboard . Partikel-partikel ini dapat memiliki efek korosif pada sirkuit motherboard, yang dapat memperlambat atau bahkan membekukan kinerja komputer.

Untungnya, Anda dapat membersihkan motherboard laptop dengan menyemprotkan udara bertekanan. Namun, tidak sembarang Anda membersihkan motherboard laptop karena bisa saja merusak komponen bagian dalam lainnya.

Untuk membersihkan motherboard laptop , alat yang diperlukan hanya obeng kecil dan air duster kemasan kaleng. Air duster ini merupakan angin bertekanan tinggi sekitar 70 psi yang biasa digunakan untuk mebersihkan komponen yang tidak bisa kena air.

Jika kedua alat itu sudah disiapkan, Anda tinggal membuka baut yang ada di bawa laptop dengan obeng. Namun sebelum itu, pastikan laptop dalam kondisi mati.



Jika seluruh baut sudah dilepas, sekarang lepaskan baterai dan selanjutnya buka panel bawah laptop.

Dengan kondisi panel sudah dilepas, Anda tinggal mencari posisi motherboard laptop Anda. Motherboard adalah panel besar dengan banyak kabel kecil dan komponen di atasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)