Tips Merawat Laptop Agar Berumur Panjang

Jum'at, 18 Desember 2020 - 22:30 WIB
loading...
Tips Merawat Laptop Agar Berumur Panjang
Seperti halnya peralatan elektronik lainnya, laptop pun harus dijaga dan dirawat agar tidak mudah rusak.
JAKARTA - Merawat laptop tentu wajib dilakukan agar komponen maupun bagian pada laptop tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar. BACA JUGA: Begini Tips Agar Milenial Nyaman Berinvestasi lewat Digital

Berikut adalah tips merawat laptop agar tetap awet :

1. Perhatikan suhu laptop
Banyak pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab laptop overheat.

2. Rajin membersihkan layar dan optical drive
Perlu diketahui, Optical Drive/DVD ROM laptop sangat rentan terhadap debu. Bersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive di laptop secara rutin.



Berhati-hatilah ketika memasukkan CD/DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan. Bersihkan pula layar laptop kamu dari debu-debu yang menempel secara rutin.

BACA JUGA: Mengoptimalkan Ponsel Rp1 Jutaan Galaxy A01 Core untuk Sekolah Dirumah

3. Jangan menaruh barang berat di atas laptop
Kebiasaan seperti ini sering di anggap sepele oleh pemilik laptop. Jika sering dilakukan, bisa menyebabkan kerusakan fatal seperti layar laptop yang tiba-tiba black screen atau mesin laptop tidak bisa menyala.

4. Jangan menggunakan laptop di atas kasur
Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan laptop di atas kasur lebih nyaman. Tapi, menggunakan laptop di atas kasur bisa menyebabkan suhu laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop cepat overheat.

5. Jangan terlalu sering bermain game berat
Menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam laptop mengalami overheat. Selain itu, kebiasaan buruk tersebut bisa menjadi penyebab baterai laptop bocor. BACA JUGA: Mengenal Android Go, OS Ringan dan Paling Irit di Galaxy A01 Core
(dan)
Komentar Anda
TEKNO UPDATE