10 Cara Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak

Selasa, 16 Januari 2024 - 19:30 WIB
loading...
10 Cara Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak
Membersihkan laptop dari debu dan kotoran merupakan cara terbaik untuk menjaga perangkat tetap awet. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Cara merawat laptop agar tidak cepat rusak memerlukan effort lebih. Selain rutin membersihkan dari kotoran dan debu, Anda juga harus memperhatikan ‘jeron’ maupun software yang digunakan.

Untuk mencegah panas berlebih saat digunakan misalnya, Anda perlu menambahkan cooling pad. Sementara untuk perawatan operating system dan software, usahakan selalu update secara resmi.

Berikut ringkasan cara merawat laptop yang benar:

Cara Merawat Laptop

1. Rutin Membersihkan Laptop


Walau kedengarannya sepele, membersihkan laptop dari debu dan kotoran yang menempel merupakan cara terbaik untuk menjaga laptop tetap awet. Selain karena alasan kebersihan, dengan membersihkan debu yang ada pada laptop akan mencegah resiko penyumbatan kipas pembuangan laptop dikarenakan debu.

2. Jangan Letakkan Barang Berat di atas Laptop


Meletakkan barang barang berat di atas laptop berpotensi membuat rusak layar LCD. Meski tidak langsung rusak, jika terus seperti itu LCD akan rusak secara perlahan.

3. Jangan Letakan Laptop di Atas Kasur


Ketika sedang dalam keadaan menyala, laptop mengalirkan hawa panas keluar. Itu adalah hal wajar, karena kinerja Processor, harddisk dan komponen lainnya di dalam body laptop menghasilkan panas. Oleh karena itu laptop membuang semua hawa panas itu ke bagian luar.

4. Hindarkan Laptop dari Alat Elektromagnetik Lainnya


Sebisa mungkin jauhi laptop dari getaran dan alat-alat elektromagnetik seperti loudspeaker, handphone dan apapun yang memiliki getaran kuat.

5. Jangan Biarkan Suhu Ruangan Terlalu Panas


Suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan pada komponen komponen laptop. Jadi perhatikan suhu ruangan anda, jika memang terasa panas dan anda menggunakan laptop untuk waktu yang cukup lama sebaiknya coba untuk gunakan cooling pad.

6. Pastikan Listrik Stabil


Pastikan laptop terhubung ke sumber daya listrik yang stabil dan gunakan perangkat perlindungan tegangan yang cocok jika perlu. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan stabilizer.

7. Rawat Kesehatan Baterai


Jangan biarkan baterai laptop benar-benar habis terlalu sering. Charge saat baterai mencapai sekitar 20-30% dan cabut saat mencapai 80-90% untuk memperpanjang umur baterai. Jika Anda tidak akan menggunakan laptop dalam waktu lama, simpan dengan baterai sekitar 50%.

8. Update dan Lindungi dari Malware


Pastikan sistem operasi dan perangkat lunak antivirus Anda selalu terbaru. Ini membantu menjaga keamanan laptop Anda.

9. Backup Data


Selalu lakukan pencadangan data penting Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data akibat kerusakan hardware atau malware.

10. Gunakan Antivirus Terbaik


Virus akan membuat kinerjanya semakin lambat. Bahkan ada beberapa virus yang memberi beban lebih pada processor dengan cara membuka banyak program dalam waktu yang bersamaan. Jika ini terus terjadi, bisa bisa dapat menyebabkan kerusakan pada Processor anda.

Itulah cara merawat laptop agar tidak cepat rusak. Dapatkan produk gadget lengkap dengan aksesorisnya di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store . Jangan lupa kunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Hari ini, pukul 16:45 WIB ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2327 seconds (0.1#10.140)