Cara Kreatif Bikin Konten lewat Smartphone Selama PPKM

Senin, 05 Juli 2021 - 14:30 WIB
loading...
Cara Kreatif Bikin Konten lewat Smartphone Selama PPKM
Mulai Pro Mode, refleksi, hingga sinar matahari menjadi strategi untuk mengoptimalkan foto di Galaxy A52. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Sejak pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai Senin, 5-20 Juli 2021, aktivitas masyarakat kembali terbatas. Mau tidak mau, harus lebih banyak beraktivitas di rumah.

Nah, Berikut adalah lima tips ala Samsung untuk meningkatkan keterampilan fotografi di perangkat Galaxy A Series, tepatnya Galaxy A52, saat berada di rumah:



1. Coba-coba pengaturan Mode Pro
Cara Kreatif Bikin Konten lewat Smartphone Selama PPKM

Jika terbiasa dengan mode otomatis, tak ada salahnya mencoba Pro Mode. Dalam Pro Mode, pengguna bisa mengontrol pengaturan individual seperti ISO, shutter speed, dan aperture. Misalnya, menggeser ke kiri dalam mode Manual Focus akan mengaburkan gambar dan menciptakan efek bokeh.

Potret warna langit malam menggunakan Galaxy A52 dengan cara menempelkannya ke tripod atau pada permukaan yang stabil dengan kamera dalam Pro Mode.

Atau, eksperimen dengan besaran ISO 300 hingga 400 dan menurunkan shutter speed (misalnya, shutter speed 1/10) untuk menangkap lebih banyak cahaya dalam pemandangan malam yang dramatis.

Jika ingin bermain-main dengan sumber cahaya, coba matikan Auto Focus dalam Pro Mode dan geser jari ke kiri untuk membatalkan fokus gambar dan menciptakan efek bokeh.

Jika memotret di hari cerah, turunkan nilai ISO dan atur shutter speed jadi lebih cepat untuk mengurangi cahaya yang masuk ke sensor dan mengontrol bagian foto yang ingin dibuat lebih terang atau underexposed.

2. Manfaatkan sinar matahari
Biarkan obyek di sekeliling diterangi cahaya matahari saat matahari terbit atau terbenam, yang memancarkan cahaya lembut yang menyebar pada subyek dalam gambar dan menghasilkan kualitas foto yang indah.

Bahkan jika bukan golden hour, temukan bayangan geometris indah yang diciptakan oleh sinar matahari yang terhalang, sehingga dapat membuat foto terlihat lebih dinamis.

Cobalah mengutak-atik berbagai lensa dan pengaturan dalam Pro Mode untuk mendapatkan hasil bidikan terbaik.

3. Bermain dengan refleksi
Gunakan permukaan reflektif seperti permukaan air, pagar logam, atau bahkan cermin untuk menciptakan gambar simetris yang menakjubkan.

Jika menemukan genangan air di tanah, coba posisikan kamera Galaxy A52 tepat di dasar permukaan air dan ambil gambar.
Jangan khawatir jika ada sedikit air yang masuk ke smartphone, karena Galaxy A52 memiliki peringkat IP67 yang memiliki ketahanan terhadap debu dan air!

4. Fotografi lowlight
Gunakan gerakan kendaraan yang lewat dengan menggunakan kamera Galaxy A52. Di tepian jalan, keluarkan ponsel, pasang Pro Mode, dan turunkan ISO sepenuhnya dan tingkatkan shutter speed hingga setidaknya setengah detik untuk menangkap jejak cahaya dari kendaraan yang lewat.

5. Pro Video dan Single Take
Pro Video Mode, memungkinkan menyesuaikan pengaturan seperti white balance, shutter speed, dan ISO dengan cepat.

Gunakan AI untuk memotret satu momen dalam berbagai versi menggunakan fitur Single Take agar Anda tidak melewatkan apa pun.

Dengan fitur Single Take, pengguna dapat mengambil beberapa bidikan berbeda dan klip pendek dengan menekan tombol shutter satu kali.

Uji kekuatan sensor kamera Anda dengan Night Mode, yang memungkinkan Anda untuk mengambil foto dalam gelap tanpa lampu kilat kamera.



6. Kembangkan estetika
Cara Kreatif Bikin Konten lewat Smartphone Selama PPKM

Investasikan waktu mengedit foto dan kembangkan preset pengeditan untuk menentukan identitas sebagai kreator konten.

Presets adalah susunan pengaturan, termasuk warna, hues, kontras, dan grain pada aplikasi pengeditan pilihan, yang memungkinkan mengatur nuansa estetik konsisten di seluruh foto.

7. Berinvestasi pada alat yang tepat
Alat yang tepat dapat membuka lebih banyak kemungkinan untuk berkreasi. Tripod dan gimbal stabilizers memungkinkan mengambil bidikan long exposure terbaik.

Sementara itu, sumber cahaya LED portabel memungkinkan mendapat mengambil foto bagus bahkan di malam hari.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)