Kejar Pembangunan 421 BTS di NTT, Pemerintah Minta Dukungan Pemda

Senin, 28 Juni 2021 - 18:37 WIB
loading...
Kejar Pembangunan 421 BTS di NTT, Pemerintah Minta Dukungan Pemda
Pemerintah saat ini sedang fokus menyelesaikan pembangunan Base Transceiver Station di seluruh wilayah terdepan, tertinggal dan terpencil (3T). Foto/dok
KUPANG - Pemerintah saat ini sedang fokus menyelesaikan pembangunan Base Transceiver Station di seluruh wilayah terdepan, tertinggal dan terpencil (3T). Khusus di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), tersisa 421 BTS yang ditargetkan rampung tahun 2022.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, percepatan pembangunan itu bisa dilakukan dengan dukungan penuh pemerintah daerah, terutama berkaitan dengan penyediaan lahan yang sesuai dengan rencana pembangunan daerah.

BACA: Suhu Laut Meningkat, Hiu Karang Malaysia Diserang Penuakit Misterius

“Karena BTS tak bisa dibangun di langit, BTS juga tidak bisa dibangun di dasar laut atau di air, dia bisa dibangun di lahan, di darat, di tanah," kata Johnny, dalam keterangannya, Senin (28/6/2021).



Menkominfo menegaskan, pembangunan BTS perlu diselaraskan dengan rencana pembangunan daerah, agar coverage sinyal telekomunikasi dan internet dapat mendukung pencapaian target pembangunan daerah secara optimal.

Oleh karena itu, Johnny berharap agar penyediaan lahan untuk pembangunan BTS berada di lokasi yang dekat dengan pemukiman, sarana pendidikan dan pelayanan masyarakat.

Hal itu diperlukan, agar tidak lagi beredar informasi siswa maupun guru harus naik ke gunung untuk mencari akses sinyal internet.

“Kepala desa mau rapat streaming, video conferencecall naik pohon, jangan sampai lagi," tutur politikus Nasdem itu.

BACA JUGA: Cara Mengukur Saturasi Oksigen Menggunakan Smartwatch atau Smartband
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE