Cuma Rp500 Ribu, Ini 7 Keunggulan Gelang Pintar Mi Smart Band 6

Sabtu, 19 Juni 2021 - 12:43 WIB
loading...
Cuma Rp500 Ribu, Ini 7 Keunggulan Gelang Pintar Mi Smart Band 6
Keunggulan smartband dibanding smartwatch adalah lebih ringkas dan ringan untuk berolahraga, lebih hemat baterai, dan yang terpenting adalah jauh lebih murah. Foto: Sindonews/danang arradian
JAKARTA - Gelang pintar atau smartband seperti Mi Smart Band 6 menjadi solusi bagi mereka yang menginginkan perangkat AIoT terjangkau tapi tetap memiliki fitur yang tak kalah dengan smartwatch.

Sindonews adalah pengguna smartband dan smartwatch. Berdasarkan pengalaman, keduanya sama-sama punya plus dan minus. Memang smartband tidak memiliki layar sebesar smartwatch. Juga tidak semewah smartwatch.

BACA JUGA: Logo Baru Telkomsel Terinspirasi Lekuk Pola Batik, Ternyata Ini Maknanya...

Namun, dalam hal fitur yang dipakai sehari-hari untuk merekam kegiatan berolahraga, beraktivitas, bekerja, hingga tidur, smartband seperti Mi Smart Band 6 sudah sangat mumpuni. Fiturnya hanya beda-beda tipis bahkan mirip.

Keunggulan smartband dibanding smartwatch adalah lebih ringkas dan ringan untuk berolahraga, lebih hemat baterai, dan yang terpenting adalah jauh lebih murah. Termasuk Mi Smart Band 6 yang dibanderol Rp500 ribu.



Mi Smart Band 6 adalah perangkat yang cocok untuk:

1. Pengguna yang belum pernah memiliki smartband, namun tertarik untuk mencoba. Jika memang cocok dengan gaya hidupnya, nanti bisa naik kelas ke smartwatch.

2. Pengguna yang ingin memiliki smartband, tapi bujetnya pas-pasan. Namun, mereka juga tidak mau membeli smartband yang kualitasnya “asal-asalan” seharga Rp200 ribu-Rp300 ribuan.

3. Pengguna yang sudah memakai smartwatch, namun ingin perangkat yang lebih ringkas dan ringan.

4. Pengguna yang ingin perangkat untuk menunjang kegiatan olah raga yang berisiko, karena merasa sayang memakai smartwatch dengan banderol harga yang lebih mahal.

Nah, setelah menggunakan Mi Smart Band 6 selama lebih dari sepekan, berikut adalah beberapa keunggulan yang dirasakan Sindonews:



1. Layar lebih besar
Cuma Rp500 Ribu, Ini 7 Keunggulan Gelang Pintar Mi Smart Band 6

Mi Smart Band 6 memiliki layar 50% lebih besar dibanding varian sebelumnya. Tepatnya, full-screen AMOLED 1.56” yang mendukung resolusi 326 PPI.

Kecerahan layarnya mencapai 450 nits, sehingga terang sekali dibawah sinar matahari langsung. Layar besar ini penting. Pertama, lebih enak dan mudah dilihat. Karena informasi statistik lebih jelas dan tajam.

Kedua, lebih mudah juga untuk dinavigasikan. Layar yang terlalu kecil lebih sulit untuk disentuh. Apalagi, umumnya smartband tidak memiliki tombol.

Tampilan layarnya juga asik. Karena ada 60 tema yang bisa dipilih. Sindonews jadi lebih bebas dalam menentukan tema yang cocok dengan gaya keseharian.

Karena sudah menggunakan tempered glass, layarnya juga lebih tahan terhadap goresan. Ini juga penting, sebab sudah pasti akan tergores-gores saat dikenakan.

Adapun anti-fingerprint coating membuat layar tidak berbekas sentuhan sidik jari. Jadi tidak ada kotoran-kotoran yang menghalangi pemandangan.

2. Mengukur Lebih Banyak Olah Raga
Xiaomi paham benar mereka yang hobi berolahraga punya banyak kebutuhan. Karena itu, Mi Smart Band 6 bisa mengukur lebih banyak jenis olah raga. Terutama yang dilakukan di rumah selama pandemi. Mulai dari HIIT, Zumba, hingga Pilates.

Total, ada 30 jenis olahraga yang dapat dimonitor. Juga, dapat secara otomatis mengukur 6 kegiatan olahraga yang umum, antara lain outdoor running, walking, treadmill running, indoor rowing, elliptical training, dan cycling. Jadi, kalaupun lupa, statistik olah raga kita otomatis akan terekam. Ini praktis sekali.

3. Sudah Bisa Mengukur SpO2
Cuma Rp500 Ribu, Ini 7 Keunggulan Gelang Pintar Mi Smart Band 6

Umumnya fitur pengukuran SpO2 hanya ada di smartwatch, yang memiliki fitur lebih advance. Namun, Mi Smart Band 6 sudah bisa melakukan hal ini.

SpO2 merupakan fitur pengukur saturasi dalam darah yang mengandung oksigen untuk menyatakan berapa banyak oksigen dalam darah.

Sebagai catatan, salah satu gejala Covid-19 adalah ketika jumlah oksigen dalam darah menurun dibawah rata-rata. Memang ini bukan perangkat medis, tapi bisa menjadi indikasi awal pengecekan Covid-19 untuk selanjutnya memeriksakan ke dokter/Rumah Sakit.

4. Fitur Pelacak Kesehatan Lengkap
Kegunaan lain smartband adalah sebagai alat pelacak kondisi tubuh. Termasuk Mi Smart Band 6, yang memiliki laporan kesehatan cukup menyeluruh. Mulai fitur pengecekan kesehatan seperti detak jantung dan siklus tidur, hingga sleep tracking (Sleep breathing quality, REM, and naps). Ada juga breathe exercise, stress monitoring, female health tracking, juga yang terbaru PAI (Personal Activity Intelligence).

5. Baterai Tahan Lama, Desain Ringkas
Cuma Rp500 Ribu, Ini 7 Keunggulan Gelang Pintar Mi Smart Band 6

Tidak seperti smartwatch yang lebih boros baterai, smartband umumnya lebih hemat. Bahkan, Mi Smart Band 6 hadir dengan baterai 125 mAh LiPo yang dapat bertahan hingga 14 hari (waktu standby).

Irit sekali. Digunakan seharian, baterainya sama sekali tidak berkurang. Ketika traveling sepekan, tidak perlu lagi membawa-bawa kabel charger. Untuk pengisian dayanya 2 jam.

Ketahanan baterai sangat penting karena berhubungan dengan kepraktisan. Dimensinya yang 47.4 x 18.6 x 12.7 mm juga terasa ringkas. Pemakaiannya cukup nyaman, dengan panjang strap yang bisa disesuaikan yakni 155 mm-219 mm.

Bahkan, ada opsi warna strap. Tidak hanya hitam, juga Blue, Orange, Yellow, Olive dan Ivory yang segera hadir.

6. Tahan Air
Bersertifikasi tahan air hingga 5 ATM, memungkinkan Mi Smart Band 6 untuk dipakai berenang maupun menyelam. Ini juga sangat nyaman bagi mereka yang hobi berenang atau olah raga air lainnya.

7. Bisa Jadi Remote Kamera
Salah satu fitur unik Mi Smart Band 6 adalah kemampuannya untuk menjadi remote kamera/shutter. ¬Khususnya di ponsel Xiaomi. Ini cukup penting karena sesekali kita dihadapkan kondisi untuk berfoto bersama. Atau, ingin berfoto sendiri dengan lebih proper.

BACA JUGA: Xiaomi Kenalkan Mi 11 Lite, Ponsel Tertipis di Indonesia

Ketersediaan
Mi Smart Band 6 sudah tersedia sejak 17 Juni 2021 silam seharga Rp499.000 di Mi.com dan Shopee, atau di gerai offline seperti Mi Store, Mi Shops, Mi Partner, dan Erafone.
(dan)
preload video
Komentar Anda