Review, Spesifikasi, dan Harga TWS OPPO Enco Buds

Minggu, 13 Juni 2021 - 20:05 WIB
loading...
Review, Spesifikasi, dan Harga TWS OPPO Enco Buds
TWS OPPO Enco Buds dipasarkan di harga Rp600 ribuan. Foto: Sindonews/danang arradian
JAKARTA - Rasanya tidak ada alasan untuk tidak memilih True Wireless Stereo (TWS) atau earphone nirkabel jika dibandingkan earphone konvensional yang memakai kabel.

Mengapa? Karena harga TWS sudah sangat terjangkau, mencapai beberapa ratus ribu atau sama dengan earphone kabel. Karena kepraktisannya tanpa kabel yang mengganggu. Karena daya tahan baterainya bisa lebih dari seharian. Karena kualitas suara yang semakin baik. Karena fitur-fitur seperti Active Noise Cancelling (ANC) yang jarang dimiliki earphone dengan kabel.

BACA JUGA: Lagi Ngetren, Ini Koleksi Mobil Station Wagon Selebriti Indonesia

Termasuk juga OPPO Enco Buds yang dibanderol Rp600 ribu ini. Secara harga, memang banyak yang lebih murah di pasaran. Tapi, jadi angka ”aman” untuk mendapat kombinasi pas antara harga dan kualitas.

Desain
Review, Spesifikasi, dan Harga TWS OPPO Enco Buds

OPPO Enco Buds memiliki desain mainstream alias aman. Tidak ada yang istimewa. Warnanya putih, memudahkan untuk dicari. Kotak penyimpanan/pengisian dayanya bulat standar, dengan LED, serta port USB-C.

Berat charging case-nya hanya 37 gram. Sementara earbudsnya 4 gram. Ringan sekali. Bahannya dari plastik, dengan permukaan glossy. Untuk kenyamanan, setiap orang sangat berbeda. Tapi, Sindonews memiliki batas maksimal 1 jam untuk earphone nirkabel seperti ini sebelum terasa sakit/pegal. Tipsnya, gunakan eartip yang pas sesuai ukuran telinga.



Tanpa ANC
Review, Spesifikasi, dan Harga TWS OPPO Enco Buds

Fitur active noise cancellation (ANC) penting saat beraktivitas di luar. Misalnya di kereta yang berisik. Fungsinya untuk meredam suara dari luar. Sayangnya, OPPO Enco Buds belum memiliki ANC.

Sebagai gantinya, desain eartip cukup bisa meredam suara secara pasif. Namun, tetap berbeda rasanya dengan TWS yang memiliki ANC. Selain itu, OPPO Enco Buds juga mengoptimalkan mikropon ganda di masing-masing earbuds agar saat berbicara di keramaian tetap terdengar jelas dan jernih.

Sertifikasi IP54
Tentang saja, OPPO Enco Buds memiliki sertifikasi IP54 sehingga bisa digunakan untuk berolahraga. TWS ini mampu menahan keringat ataupun percikan air. Hanya saja, hati-hati ketika membawa OPPO Enco Buds saat berlari atau bersepeda, pastikan tidak terjatuh secara tidak sengaja.

Game Mode
Umumnya TWS tidak bisa digunakan untuk gaming kompetitif, karena adanya delay. Nah, OPPO Enco Buds memiliki Game Mode untuk mengurangi delay, dimana latensinya ditekan hingga 80 ms.

Untuk bermain game kasual, tidak masalah. Untuk bermain game FPS, delay-nya sendiri masih dalam tahap bisa di tolerir dalam keadaan bermain santai dan seru dengan teman-teman.



Konektivitas
Review, Spesifikasi, dan Harga TWS OPPO Enco Buds

Konektivitas OPPO Enco Buds termasuk cukup cepat. Apalagi, jika menggunakan ponsel OPPO. Karena ada fitur yang disebut Open-Up Auto Connect, sehingga otomatis ada menu pop-up di ponsel begitu tutup tutup case dibuka. Praktis.

Untuk menghubungkan ke perangkat lain pun cukup mudah. Tinggal buka case dan tahan sensor sentuh 3-4 detik sampai lampu berkedip. Navigasi OPPO Enco Buds juga relatif mudah. Misalnya ketuk sekali untuk play/pause atau ketik 3x untuk masuk Mode Gaming.

Daya Tahan Baterai
Review, Spesifikasi, dan Harga TWS OPPO Enco Buds

OPPO Enco Buds dilengkapi baterai 40 mAh di tiap earbud dan 400 mAh di charging case-nya. Untuk mengisi daya butuh waktu 2 jam. Untuk memutar musik nonstop bisa 5-6 jam. Jika habis, tinggal dimasukkan ke case-nya. Sehingga total waktu aktifnya adalah 24 jam alias seharian. Jadi, cukup irit. Anehnya, di boks penjualan tidak ada kabel USB C.

Kesimpulan
Secara keseluruhan, kualitas suara OPPO Enco Buds secara mengejutkan sangat impresif. Karena mampu menterjemahkan bass, vokal, dan instrument secara lengkap. Begitu pun saat digunakan untuk berkomunikasi. Lawan bicara mendapatkan suara Sindonews jelas dan jernih, padahal sedang di atas Commuterline yang sedang berjalan. Lebih dalam soal review suara di OPPO Enco Buds akan dibahas di tulisan terpisah.

Secara keseluruhan, OPPO Enco Buds cocok untuk pengguna ponsel OPPO. Secara harga, fitur, serta kualitas suara ada di titik yang pas.

BACA JUGA: Penipuan Lewat WhatsApp dan SMS Kian Marak, Kenali Ciri-Ciri Isi Pesan dari Penipu

Spesifikasi OPPO Enco Buds
- Speaker: 8mm dynamic driver per earbud
-Mic: Dual mics per earbud
-Warna: Putih
-Berat: 4 gram (per earbud), 37 gram (case)
-Charging port: USB-C
-Baterai: 40 mAh (per earbud), 400 mAh (charging case)
-Waktu Charge: 150 menit
-Music playback: 6 jam
-Total playback: 24 jam
-Konektivitas: Bluetooth 5.2, mendukung codec SBC & AAC
-Daya tahan: IP54 tahan cipratan air
-Fitur: Gaming Mode low latency 80ms, call noise reduction
-Harga: Rp599 ribu
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE