Tren Earbuds Open-Ear 2024: Apakah Ini Masa Depan Audio Nirkabel?

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 13:33 WIB
loading...
Tren Earbuds Open-Ear...
Bose Ultra Open Earbuds memberi standar baru terhadap earbuds open-ear yang ada dipasaran. Foto: Bose
A A A
JAKARTA - Earbuds epen-ear kini jadi tren baru bagi penggemar audio, dengan Bose Ultra Open Earbuds memberikan standar tinggi: nyaman dikenakan, tapi kualitas dan kedalaman suara tidak hilang. Seperti apa?

Kebanyakan earphone nirkabel populer saat ini memiliki desain in-ear. Artinya, mereka berada cukup dalam di telinga Anda dan menggunakan ujung silikon untuk menutup saluran telinga sekaligus menjaga musik tetap masuk dan suara lain keluar.

Earbuds open-ear saat ini jadi tren baru. Sesuai namanya, earbuds open-ear tidak berada di dalam telinga, tidak juga menghalangi saluran telinga Anda.

Posisinya dililitkan atau dikaitkan di sekitar tepi telinga Anda untuk stabilitas. Tujuannya apa? Untuk menawarkan yang terbaik dari kedua dunia: pengguna masih mendengar suara dari sekelilingnya, sambil tetap merasakan kualitas audio yang luar biasa.

Cara Kerja Earbuds Open-Ear: Konduksi Tulang vs. Konduksi Udara
Tren Earbuds Open-Ear 2024: Apakah Ini Masa Depan Audio Nirkabel?

Bagaimana earphone open-ear dapat mengirimkan suara ke telinga jika tidak berada di dalam saluran telinga? Nah, ada dua cara untuk melakukannya: teknologi konduksi tulang dan konduksi udara.

1. Konduksi tulang

Earbuds konduksi tulang mengirimkan suara sebagai getaran langsung ke tulang kepala Anda. Getaran tersebut merambat melalui tulang Anda ke telinga bagian dalam, di mana Anda kemudian "mendengarnya" sebagai audio.

Manfaat utama headphone konduksi tulang adalah tidak menghalangi telinga Anda sama sekali. Anda akan mendengar semua yang terjadi di sekitar Anda, itulah sebabnya headphone ini menjadi produk populer bagi pelari atau pengendara sepeda.

Namun, kelemahan utama konduksi tulang adalah kualitas suara sering kali terganggu, karena getaran yang dihasilkan tidak dapat mengirimkan nuansa halus musik dan audio lainnya. Selain itu, speaker harus menempel erat di kepala Anda untuk efektivitas maksimal, yang dianggap tidak nyaman oleh sebagian orang.

2. Konduksi udara

Konduksi udara adalah metode transmisi suara yang lebih tradisional. Bose Ultra Open Earbuds membungkus bagian luar telinga Anda tidak jauh dari saluran telinga dan menggunakan konduksi udara.

Ini memberikan audio yang lebih halus daripada konduksi tulang, dan teknologi OpenAudio yang dipatenkan oleh Bose mendukung pengalaman mendengarkan yang lebih nyaman.

Manfaat Earbuds open-ear
Tren Earbuds Open-Ear 2024: Apakah Ini Masa Depan Audio Nirkabel?

Memang ada yang lebih suka desain earbuds in-ear yang lebih pas di telinga sekaligus membantu menghalangi kebisingan suara dari luar.

Tapi, keluhan umum tentang earbuds in-ear adalah tidak nyaman, terutama jika dikenakan dalam waktu lama. Terkadang telinga jadi pegal atau lelah. Nah, teknologi Bose Ultra Earbuds dirancang agar nyaman dipakai, sehingga pengguna dapat memakainya selama yang dia suka.

Berkat teknologi OpenAudio, pengguna juga lebih sadar jika orang-orang berbicara dengannya, baik saat sedang berada di kantor, kedai kopi, gym, atau bahkan di rumah. Artinya, pengguna tidak perlu melepas earbuds dari telingga untuk melakukan percakapan.

Menariknya lagi, Bose mengklaim bahwa earbuds open-ear tidak mengorbankan kualitas audio.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)