Review WD Black Game Drive P10: Ringan, Tangguh, dan Cepat!

Kamis, 10 Juni 2021 - 14:21 WIB
loading...
Review WD Black Game Drive P10: Ringan, Tangguh, dan Cepat!
WD Black Game Drive P10 menyasar mereka yang butuh menyimpan game di laptop ataupun konsol. Foto-foto: Sindonews/danang arradian
JAKARTA - P10 bukan hanya hard disk eksternal dengan tampang paling keren, namun juga memiliki nilai estetis tinggi, juga kecepatan baca/tulis yang mumpuni.

Sebagai content creator, Sindonews punya koleksi cukup banyak HDD eksternal untuk menyimpan file video. Mulai model Hard Disk Drive (HDD) juga model Solid State Drive (SSD). Sebagian besar memang keluaran Western Digital, salah satu merek HDD terbaik di Indonesia itu.

BACA JUGA: Review Xiaomi Redmi Note 10S, Benarkah Ponsel Mid-Range Terbaik di Harga Rp2 Jutaan?

Tapi, jujur saja, dari semua penyimpanan eksternal yang dimiliki Sindonews itu, tidak ada yang seunik dan semenarik WD Black Game Drive P10.

Berbeda dengan model WD My Passport dan WD Elements, WD Black yang dikenalkan sejak 2015 itu adalah produk yang secara spesifik ditujukan untuk gaming.

Bahkan, ada WD Black P10 edisi spesial Call of Duty Black Ops Cold War yang sangat keren.



Desain
Review WD Black Game Drive P10: Ringan, Tangguh, dan Cepat!

Seperti namanya, WD Black P10 mengusung warna hitam dengan tulisan stylish. Untuk ukuran HDD 2.5 inci, dimensinya juga sangat kompak. Versi 2 TB ini, misalnya, punya tebal 0.31 inci dan beratnya hanya 140 gram.

Sindonews suka sekali dengan konsep desain ala peti kontainer ini. Desain peti kontainer seperti ini memang banyak di temukan di game-game zombie atau post apocalypse.

Bentuknya persegi panjang dengan sisi bergaris, serta sekrup model hex di setiap sudut. Juga indikator LED kecil yang memberi tahu saat drive sedang membaca atau menulis data.

Di bagian belakangnya ada sebuah konektor micro-B USB dengan konektivitas USB 3.0. Di bawahnya ada empat buah karet, berfungsi agar HDD eksternal tidak mudah tergeser.

Selain membawa elemen in-game ke dunia nyata, casing P10 tentu saja berguna untuk melindungi drive di dalamnya.



Memang WD tidak mengklaim P10 ini memenuhi uji ketahanan militer. Tapi, mereka menyebut enklosur P10 yang terbuat dari plastik polikarbonat itu tangguh dan tahan lama.

Dan memang terasa kokoh sekali saat di genggam. Tenang saja, P10 punya garansi cukup standar, yakni tiga tahun,

Fungsi
Review WD Black Game Drive P10: Ringan, Tangguh, dan Cepat!

WD Black Game Drive P10 bisa digunakan untuk menyimpan game maupun file editing video. Foto-foto: danang arradian

Sekarang kita bahas soal fungsi. Sesuai namanya, WD Black Game Drive P10 dirancang dengan tujuan utama menyimpan game. Bisa digunakan untuk PS4 Pro, PS4, Xbox One, Windows hingga Mac. Formatnya pun sudah ExFat sehingga bisa langsung digunakan di Mac tanpa perlu format ulang.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE