Tidak Cuma Jakarta, Perangkat IoT Juga Semakin Diminati di Daerah

Sabtu, 01 Mei 2021 - 23:05 WIB
loading...
Tidak Cuma Jakarta, Perangkat IoT Juga Semakin Diminati di Daerah
Water heater keluaran Modena yang bisa dikontrol lewat ponsel dan memberi banyak benefit. Foto: Sindonews/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Perangkat Internet of Things (IoT) tidak hanya dirasakan di kota-kota besar, tapi juga sampai ke daerah. Modena, misalnya, sudah mengenalkan sejumlah perangkat elektronik rumah tangga yang dapat dikendalikan melalui smartphone. Mulai water heater, island hood, smart vacuum cleaner, hingga air purifier.

Dengan teknologi IoT pemilik perangkat elektronik rumah tangga ini tak perlu risau bisa harus meninggalkan rumah tanpa lupa mematikan perangkatnya. Sebab kendali perangkat elektronik rumah tangga ini bisa dilakukan dari jarak jauh dengan smartphone.



Di perangkat water heater misalnya, Modena menyematkan teknologi IoT di dua seri produknya, yakni tipe ES 15 SKY dan ES 30 SKY.

Melalui smartphone pula kedua produk water heater ini bisa dimatikan, dinyalakan, hingga disetel waktunya kapan digunakan, bahkan tingkat kepanasan air pun disetel hanya lewat ponsel.

Branch Manager Modena Indonesia Malang Cahyo Tri Pujiatmoko mengatakan, Modena memanfaatkan inovasi teknologi berbasis jaringan internet. Water heater yang terpasang di kamar mandi rumah terkonneksi Wi-Fi, sehingga bisa dikendalikan langsung dari smartphone pengguna.

”Water heater ini terhubng dengan Wi-fi, sehingga di manapun pemiliknya, mau di luar kota jauh dari rumah, atau di kantor, asalkan ada sinyal internet bisa mengontrol penggunaannya, tanpa perlu khawatir," ucap Cahyo.

Dijelaskan Cahyo, dengan penggunaan sistem teknologi berbasis smartphone ini perangkat - perangkat elektronik rumah tangga ini mampu menghemat listrik hingga 60 persen, bila tak digunakan.

"Biasanya kan water heater itu nyala 24 jam atau digunakan di waktu mau mandi dengan setting manual. Nah melalui teknologi IoT ini pengguna bisa ngontrol otomatis dari smartphone-nya masing-masing," ungkapnya.

"Misalnya dia mau pulang kerja 30 menit lalu sebelum pulang disetting-nya dulu dari kantor sehingga saat pulang nanti air sudah hangat dan langsung bisa dipakai mandi," imbuhnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2585 seconds (0.1#10.140)
pixels