Waspada Flubot, Bisa Membajak Android dan Memata-matai Ponsel Anda

Sabtu, 24 April 2021 - 13:14 WIB
loading...
A A A


Malware juga memiliki kemampuan untuk mengirim lebih banyak pesan teks ke kontak pengguna yang terinfeksi , membantunya menyebar.

"Keseriusan pesan teks berbahaya ini digarisbawahi oleh keputusan Vodafone untuk memperingatkan pelanggannya," kata Ben Wood, kepala analis di CCS Insight.

"Ini berpotensi menjadi serangan denial-of-service pada jaringan seluler, mengingat risiko yang jelas bahwa aplikasi nakal dapat diinstal pada ponsel cerdas pengguna dan mulai mengirimkan pesan teks tanpa henti.

Risiko yang lebih luas bagi pengguna adalah hilangnya data pribadi yang sangat sensitif dari ponsel mereka.

Sementara penipuan pesan teks yang mengklaim tentang perusahaan pengiriman paket adalah hal biasa, mereka sebagian besar berfokus pada phishing - mencoba mengelabui pengguna agar mengisi formulir dengan detail bank dan informasi lainnya.



Gelombang terbaru ini berbeda karena mencoba memasang perangkat lunak berbahaya di telepon itu sendiri dan karena skala penyebarannya.

Salah satu versi penipuan yang dilaporkan secara online berpura-pura menjadi pesan teks dari DHL. Pesan itu meminta Anda mengklik tautan ke situs web untuk pelacakan paket.

Jika seseorang yang menggunakan ponsel Android mengklik link tersebut, mereka akan dibawa ke halaman yang "menjelaskan" cara menginstal aplikasi pelacakan parsel menggunakan sesuatu yang disebut APK.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)