Waspada Flubot, Bisa Membajak Android dan Memata-matai Ponsel Anda

Sabtu, 24 April 2021 - 13:14 WIB
loading...
Waspada Flubot, Bisa Membajak Android dan Memata-matai Ponsel Anda
Warga Inggris dihebohkan dengan maraknya pesan flubot yang bisa menginfeksi android mereka. Foto/dok
LONDON - Jika di Indonesia digegerkan dengan tag porno pishing di akun Facebook, warga Inggris juga dihebohkan dengan maraknya pesan flubot yang bisa menginfeksi android.

Penipuan pesan teks yang menginfeksi ponsel Android menyebar ke seluruh Inggris belakangan ini. Pesansan tersebut seakan berasal dari perusahaan pengiriman paket, meminta pengguna untuk menginstal aplikasi pelacakan - tetapi sebenarnya itu adalah spyware yang berbahaya.

BACA: Demi Keamanan Rekening Bank, Hapus Aplikasi Ini di Ponsel Anda Sekarang!

Disebut Flubot, karena spyware ini dapat mengambil alih perangkat dan memata-matai ponsel untuk mengumpulkan data sensitif, termasuk detail perbankan online.

Operator jaringan Vodafone mengatakan jutaan pesan teks telah dikirim, di semua jaringan.



Waspada Flubot, Bisa Membajak Android dan Memata-matai Ponsel Anda


"Kami percaya gelombang serangan SMS malware Flubot saat ini sangat serius dan dibutuhkan kesadaran pengguna android untuk menghentikan penyebaran," kata seorang juru bicara seperti dikutip BBC News.

"Konsumen harus sangat waspada dengan malware khusus ini. Harus sangat berhati-hati dalam mengklik link apa pun dalam pesan teks," katanya.

National Cyber Security Center (NCSC) kemudian mengeluarkan panduan tentang ancaman tersebut, termasuk saran tentang apa yang harus dilakukan jika Anda telah mengunduh aplikasi penyerang secara tidak sengaja.

"Jika pengguna telah mengklik tautan berbahaya, ada langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti yang dapat mereka ambil untuk melindungi perangkat dan akun mereka," kata NCSC dalam sebuah pernyataan.



BACA JUGA: M obil Koleksi Para Jenderal dan Tokoh Nasional di IIMS Hybrid 2021

Malware juga memiliki kemampuan untuk mengirim lebih banyak pesan teks ke kontak pengguna yang terinfeksi , membantunya menyebar.

"Keseriusan pesan teks berbahaya ini digarisbawahi oleh keputusan Vodafone untuk memperingatkan pelanggannya," kata Ben Wood, kepala analis di CCS Insight.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE