Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Malware? Lakukan 5 Langkah Ini

Sabtu, 29 Juni 2024 - 08:17 WIB
loading...
Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Malware? Lakukan 5 Langkah Ini
Cara melindungi diri dari malware di 2024 penting dipahami. Foto: Forbes
A A A
JAKARTA - Bagaimana cara melindungi diri dari malware? Pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh para pengguna PC atau laptop untuk melindungi perangkatnya.

Malware adalah singkatan dari "malicious software," yaitu perangkat lunak yang dirancang untuk mengganggu, merusak, atau mendapatkan akses tidak sah ke sistem komputer, jaringan, atau perangkat.

Karena itu, melindungi diri dari malware adalah langkah penting untuk menjaga keamanan data pribadi dan integritas sistem komputer. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk melindungi diri dari malware.

5 Cara Melindungi diri Dari Malware

1. Gunakan Perangkat Lunak Antivirus dan Anti-Malware

Pastikan untuk memiliki perangkat lunak antivirus yang terpercaya dan selalu diperbarui. Lakukan juga pada sistem untuk mendeteksi dan menghapus malware yang mungkin sudah masuk.

Selain itu, selalu perbarui sistem operasi untuk mendapatkan patch keamanan terbaru. Perbarui semua aplikasi yang terpasang, termasuk browser web dan plugin, untuk melindungi dari kerentanan yang bisa dimanfaatkan malware.

2. Praktikkan Kebiasaan Browsing yang Aman

Mulai praktekkan kebiasaan browsing aman seperti tidak mengunjungi situs web yang mencurigakan atau yang tidak dikenal, dan selalu periksa URL ketika mengunjungi situs web yang sah dan aman.

Janganlah menginstal atau mengunduh perangkat lunak dari sumber yang kurang terpercaya. Sebaiknya, bacalah ulasan dan lakukan riset sebelum mengunduh atau menginstal perangkat lunak baru.

3. Melakukan Pencadangan

Beberapa jenis malware dapat menghapus atau merusak data di komputer. Berjaga-jaga terhadap kemungkinan kerusakan atau kehilangan data lebih mudah dan murah daripada upaya pemulihan data setelah diserang malware.

Dua langkah termudah yang dapat Anda lakukan adalah menyalin data ke media penyimpanan eksternal atau menggunakan layanan penyimpanan awan.

4. Mengidentifikasi Lampiran Mencurigakan

Jangan membuka lampiran atau mengklik tautan pesan dalam email atau sosial media dari pengirim yang tidak dikenal atau mencurigakan.

Jika pesan tersebut berasal dari sumber terpercaya tetapi terlihat mencurigakan, verifikasi pengirimannya sebelum mengambil tindakan.

5. Menggunakan Ad-Blocker dan Skrip Bloker

Untuk mencegah iklan berbahaya yang dapat mengarahkan pengguna ke situs web yang mengandung malware, sebaiknya memasang Ad-Blocker untuk berjaga-jaga.



Sementara Skrip Bloker digunakan untuk menghentikan skrip yang tidak diinginkan atau berbahaya berjalan di browser.

Itulah lima cara melindungi diri dari malware yang perlu diketahui supaya dapat mengurangi risiko terkena malware dan menjaga keamanan data serta sistem perangkatyangdigunakan.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)