Interkom Comelit Mendefinisikan Ulang Fungsi Interkom di 2021

Selasa, 20 April 2021 - 07:05 WIB
loading...
Interkom Comelit Mendefinisikan Ulang Fungsi Interkom di 2021
Interkom Comelit bisa diintergrasikan dengan sistem smart home sehingga dapat melakukan pengaturan secara otomatis pengaturan pencahayaan, suhu ruangan dan lainnya. Foto: dok Datascrip
A A A
JAKARTA - Interkom Comelit dapat diintergrasikan dengan sistem smart home. Sehingga dapat melakukan pengaturan secara otomatis, mulai pencahayaan, suhu ruangan, pengaturan musik di ruangan, pengaturan tirai jendela, sistem pemanas air, hingga pengaturan sistem penyiraman tanaman.



Pemilik rumah/apartemen yang tech savvy sudah menyadari bahwa otomatisasi di hunian adalah masa depan. Mengintegrasikan teknologi di rumah, apakah itu berupa audio, video, atau bahkan robot, bisa membuat kegiatan sehari-hari lebih mudah.

Sebelumnya, perangkat interkom (intercommunication device) memang relatif asing di Indonesia karena fungsinya yang terbatas. Interkom adalah perangkat komunikasi yang beroperasi di jaringan tertutup dan lokasi tertentu seperti di gedung atau apartemen.

Perusahaan Comelit seolah mendefinisikan ulang fungsi Interkom. Tidak sekadar untuk berkomunikasi lewat suara, tapi juga lewat video, dapat di akses lewat smartphone, terhubung ke CCTV, bisa membuka pintu otomatis, hingga menambah lapisan keamanan.

Interkom Comelit Mendefinisikan Ulang Fungsi Interkom di 2021

Keunikan Interkom Comelit adalah desain yang kekinian. Serasi ditempatkan di salah satu sudut ruang interior ruang hunian/apartemen.

Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Pusat Real Estat Indonesia (DPP REI) Amran Nukman H.D menilai bahwa perangkat interkom akan jadi tren baru di Indonesia. ”Kebutuhannya sudah ada. Konsumen di usia 20-40 tahun saat ini sangat tech savvy, juga semakin mengenal dan terbiasa dengan smart home,” ujar Amran.

Ia mengatakan, pada 2021 tren kebutuhan tempat tinggal tidak sekadar soal jaminan keamanan. ”Namun, bagaimana sistem keamanan juga bisa memberi kemudahan pengaturan, efisiensi, hingga memberi rasa tenang dan kenyamanan pemilik hunian. Saya lihat teknologi interkom semakin canggih. Sudah terintegrasi dengan berbagai perangkat lain di rumah. Ini yang membuat pemilik hunian lebih nyaman,” ujarnya.

Nah, berikut 5 alasan mengapa Intercom Comelit akan menjadi tren di penggunaan smart home, apartemen, gedung, hingga kost.

1. Terhubung ke Smartphone
Interkom Comelit Mendefinisikan Ulang Fungsi Interkom di 2021

Interkom Comelit adalah solusi interkom canggih yang berfungsi sebagai sistem keamanan terpadu dan pintar, mengombinasikan komunikasi audio video, kontrol akses, serta sistem manajemen video di lingkungan tempat tinggal, dalam satu perangkat.

Datascrip sebagai authorized distributor produk Interkom Comelit menyebut bahwa perangkat tersebut dirancang agar bekerja otomatis, terintegrasi, dan efisien.

”Fungsinya juga relevan dengan kebutuhan masyarakat modern. Sebab, Interkom Comelit dapat terhubung ke smartphone. Pengguna bisa melakukan monitoring dan pengaturan jarak jauh melalui Comelit Apps di iOS dan Android,” ujar Business Unit Director PT Datascrip Sylvia Lionggosari.

2. Menjawab Panggilan Darimana Saja
Interkom Comelit Mendefinisikan Ulang Fungsi Interkom di 2021

Pemilik hunian dapat berkomunikasi dan melihat langsung tamu yang datang.

Salah fitur unggulan Interkom Comelit adalah Home Away Call Answering. Ketika berada di kantor atau di luar kota, pengguna bisa berkomunikasi langsung dengan tamu di depan gerbang rumah atau lobi apartemen menggunakan videophone di ponsel.

”Tamu juga bisa memberi pesan video lewat interkom Comelit jika pemilik hunian tidak ada jawaban atau berada di luar,” ujar Sylvia.

Fitur Home Away Call Answering ini diterapkan di apartemen mahasiswa The Edge di Leeds, Inggris. Pengunjung disediakan panel LCD layar sentuh intuitif untuk dapat memanggil salah satu dari 131 penghuni apartemen 7 lantai tersebut.

The Edge menggunakan Comelit’s multi-user SIP gateway untuk menghubungkan panel interkom di pintu masuk dengan telepon VoIP di kamar apartemen dan bahkan smartphone atau tablet mahasiswa agar dapat berkomunikasi walau sedang berada di luar.

”Pengelola apartemen juga dapat memperbaharui data penghuni dengan software ViP Manager,” ujar Sylvia.

3. Dibekali Fitur Face Recognition
Perangkat Interkom Comelit dapat terintegrasi dengan sistem akses di rumah. Pengguna dapat membuka kunci gerbang atau pintu rumah lewat Interkom Comelit. Bahkan, memberi kemudahan tamu untuk masuk tanpa perlu membukakan pintu gerbang atau turun ke lobi apartemen.

”Keunggulan Interkom Comelit karena fiturnya lengkap. Ada Elevator Acces Guidence untuk memandu tamu mengakses lift ke unit apartemen yang dituju,” ujarnya.

Fitur lainnya adalah teknologi Face Recognition atau deteksi wajah. Fitur ini bisa ditambah ke pengguna baru, untuk mengaktifkan atau menonaktifkan akses. Lalu, muncul notifikasi ke smartphone soal orang yang menggunakan akses untuk masuk ke rumah.

”Data berupa foto, video, bahkan waktu akses yang dapat disimpan jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” ungkap Sylvia.

4. Fungsi CCTV
Interkom Comelit Mendefinisikan Ulang Fungsi Interkom di 2021

Interkom Comelit ternyata juga terintegrasi dengan kamera CCTV di dalam atau di luar rumah. Lewat fitur Public Facility Monitoring pada Interkom Comelit, pemilik hunian di lingkungan apartemen bisa memantau situasi fasilitas umum seperti tempat olahraga, taman bermain anak, food court, tempat parkir, hingga lobi gedung.

Sebaliknya, pengelola apartemen juga bisa menggunakan fitur Public Booking Facility untuk menerapkan sistem booking untuk fasilitas yang dapat dipesan sebelumnya, seperti ruang meeting atau lapangan tenis.

Saat ada di luar rumah, pemilik juga bisa memantau situasi rumah lewat kamera CCTV yang terhubung dengan Comelit App di smartphone.

5. Panggil Security dengan Satu Tombol
Interkom Comelit memiliki fitur Emergency Push Button. Dengan menekan satu tombol, pengguna bisa menghubungi Security Center atau nomor telepon yang sudah tercatat jika terjadi keadaan darurat, seperti kecelakaan atau kebakaran.

Ada juga fitur Audio Help Point yang dapat dipasang di fasilitas umum, sehingga pada saat darurat, dengan menekan satu tombol maka bagian-bagian terkait dapat langsung dihubungi dan memberi bantuan.



Keunggulan Interkom Comelit:
- Tidak hanya suara, tapi juga bisa menampulkan komunikasi visual/video.
- Mudah terhubung ke sistem Access Points atau bahkan solusi smart home yang ada di rumah/apartemen.
- Memiliki akses ke aplikasi smartphone, baik Android maupun iOS.
- Mempermudah akses ke tamu untuk masuk, tanpa harus membuka pintu atau turun ke lobi.
- Dapat merekam dan menyimpan siapa saja tamu yang datang ke rumah/hunian.
- Terhubung ke fungsi CCTV di rumah/apartemen.
- Dibekali teknologi kekinian seperti face recognition.
- Dapat menjawab langsung, kendati sedang berada di kantor/di luar rumah.
- Membuat pemilik merasa lebih aman. Karena dapat mengontak security kapan saja.
- Fleksibel dan scalable, bisa ditambah atau diperbanyak sesuai kebutuhan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6970 seconds (0.1#10.140)