Begini Cara Agar Smartphone Terhindar dari Overheating

Senin, 19 April 2021 - 14:39 WIB
loading...
Begini Cara Agar Smartphone Terhindar dari Overheating
Fitur Multi-Cooling System di OPPO Reno5 F memiliki peran besar menjaga suhu tetap stabil ketika game dijalankan dalam waktu lama. Foto: dok OPPO
A A A
JAKARTA - Selama Ramadhan penggunaan smartphone meningkat drastis. Baik menggunakan kamera di ponsel untuk merekam momen sahur, berbuka dan kegiatan berpuasa, bermain game, hingga streaming video ataupun YouTube.



Akibatnya, smartphone sering menjadi panas karena pemakaian yang tiada henti. Untuk mencegahnya, bisa lakukan tips berikut:

Istirahatkan smartphone
Ada kalanya ponsel juga perlu beristirahat. Untuk mendinginkan ponsel, dimana cahaya lampu di layar tidak menyala.

Simpan di tempat teduh
Hindari menaruh ponsel di bawah sinar matahari langsung, terutama pada siang hari yang panas. Smartphone rentan terhadap cuaca dan akan mati secara otomatis setelah suhu internal mencapai titik tertentu.

Turunkan tingkat kecerahan layar
Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, semakin banyak pula kapasitas daya baterai yang diperlukan. Imbasnya pada penggunaan energi besar sehingga menyebabkan panas di bodi.

Tutup aplikasi game
Membuka aplikasi game biasanya menguras lebih banyak daya baterai. Jika aktivitas ini dilakukan dalam waktu lama maka mungkin saja menyebabkan kinerja prosesor ponsel menjadi berat dan panas.

Optimalkan Fitur di Ponsel
Untuk mencegah panas berlebih atau overheating di smartphone yang digunakan untuk bermain game dalam waktu lama, OPPO menggunakan teknologi Multi-Cooling System lewat OPPO Reno5 F.

Pengguna tidak perlu khawatir ponsel mudah panas. Teknologi pendingin ini mampu meningkatkan efisiensi pembuangan panas sebesar 30% akibat penggunaan aplikasi berat dalam waktu lama.

OPPO Reno5 F juga mampu membaca dan menganalisis data dari sensor suhu di bagian dalam, lalu menggunakannya untuk memperkirakan suhu penutup belakang ponsel hingga 1,5 derajat Celcius.



OPPO Reno5 F juga memiliki pengontrol suhu pintar yang dapat menyeimbangkannya dengan kinerja ponsel berdasarkan skenario penggunaan ponsel sehari-harinya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5213 seconds (0.1#10.140)