Awas, Motherboard ROG Z690R Bisa Bikin Laptop Overheating

Rabu, 05 Januari 2022 - 06:50 WIB
loading...
Awas, Motherboard ROG Z690R Bisa Bikin Laptop Overheating
Pengguna laptop dan PC yang memakai motherboard Z690 Hero memberitahu kalau laptop mereka mengalami overheating. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Asus dikabarkan melakukan penarikan setelah sejumlah pengguna laptop dan PC yang memakai motherboard Z690 Hero ternyata mudah overheating. Padahal Z690 Hero sendiri adalah motherboard kelas atas untuk digunakan dalam laptop gaming yang kuat.

Dikutip dari BBC, Rabu (5/1/2022), laporan awal muncul di media sosial dari pengguna motherboard Z690 Hero yang mengalami overheating. Padahal pemakaian dilakukan normal namun tak lama laptop mengeluarkan asap.

BACA: ASUS Rog Perkenalkan Laptop Baru untuk Gamers dan Conten Creator

Para pengguna yang terkena dampak ini rata-rata melihat kode peringatan Bios 53 di layar yang menunjukan kegagalan inisiasi memori. Penguna lainnya mencium bau asap dan menemukan motherboard dalam kondisi meleleh.



Pengguna media sosial Reddit dengan nama TheMaxXHD mengatakan, ketika sedang menjelajah internet dan PC mereka matikan, tiba-tiba mengeluarkan asap. "Ketika saya melihat ke sana, saya melihat sebuah komponen pada motherboard benar-benar terbakar," katanya.

Asus mengakui masalah ini dalam sebuah pernyataan di situs webnya. Perusahaan memperingatkan bahwa kesalahan tersebut dapat mempengaruhi unit yang diproduksi pada tahun 2021 dengan nomor seri tertentu.

BACA JUGA: Peneliti Temukan Rahasia Komputer Yunani Kuno Berusia 2.000 Tahun

"Kami baru-baru ini menerima laporan insiden terkait motherboard ROG Maximus Z690 Hero," kata perusahaan tersebut.

Awas, Motherboard ROG Z690R Bisa Bikin Laptop Overheating


Pemilik motherboard dapat memeriksa kemasan produk untuk melihat apakah perangkat keras mereka terpengaruh.

Pelanggan juga dapat mengetikkan nomor seri mereka di situs web Asus untuk melihat apakah model mereka mungkin rusak.

"Masalah ini berpotensi mempengaruhi unit yang diproduksi pada tahun 2021 dengan nomor bagian 90MB18E0-MVAAY0 dan nomor seri yang dimulai dengan MA, MB, atau MC."
(ysw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2550 seconds (10.101#12.26)