Tips Bikin Video Sinematik Memanfaatkan Fitur Movie Magic Xiaomi Mi 11

Senin, 05 April 2021 - 13:55 WIB
loading...
Tips Bikin Video Sinematik Memanfaatkan Fitur Movie Magic Xiaomi Mi 11
Setup Xiaomi Mi 11 saat digunakan untuk membuat vlog dipadu dengan mikropon eksternal. Tidak perlu lagi membawa kamera tambahan. Foto: Sindonews/danang arradian
JAKARTA - Bukan tanpa alasan mengapa Xiaomi Mi 11 disebut sebagai Movie Magic , karena memang dibekali banyak sekali fitur untuk membuat video yang sinematik .

Sebagai content creator yang suka membuat vlog (video blog), smartphone dengan kamera mumpuni sangat penting bagi Sindonews . Banyangkan betapa praktisnya bisa membuat konten foto dan video hanya dengan smartphone. Tidak perlu lagi membawa GoPro, atau kamera mirrorless tambahan.

BACA JUGA: Alasan Mi 11 Tetap Gunakan Adaptor Charger Berteknologi GaN di Kotak Pembelian

Itu, yang Sindonews rasakan ketika mengabadikan kegiatan road trip Bogor-Surabaya-Yogyakarta hanya menggunakan Xiaomi Mi 11.

Bisa dibilang Xiaomi Mi 11 benar-benar menggantikan peran GoPro lewat fitur kamera ultra wide-nya, juga kamera mirrorless Canon G7x Mark III melalui kemampuan zoomnya yang solid untuk merekam video.



Handgrip dan Mikropon Nirkabel
Tips Bikin Video Sinematik Memanfaatkan Fitur Movie Magic Xiaomi Mi 11

Menjadikan Mi 11 sebagai perangkat videografi utama hanya butuh dua alat. Pertama, smartphone hand grip holder keluaran Ulanzi yang penting agar ponsel terasa kokoh digenggam. Harganya hanya Rp50 ribuan.

Kedua, mikropon nirkabel/wireless keluaran Saramonic. Harganya Rp1,5 jutaan. Memang agak mahal. Tapi, mikropon ini paling banyak digunakan oleh conten creator di YouTube lantaran kualitasnya sangat baik.

Tips Bikin Video Sinematik Memanfaatkan Fitur Movie Magic Xiaomi Mi 11

Set up ini selain praktis, mudah dibawa dan dilepas, juga sangat cepat dibongkar-pasang.

Mengutilisasi Tiga Kamera
Tips Bikin Video Sinematik Memanfaatkan Fitur Movie Magic Xiaomi Mi 11

Soal video, Sindonews memang cukup takjub dengan kualitas ketiga kamera Mi 11 yang sama-sama solid.

Kamera ultra-wide 13MP, 123 derajat, dengan diafragma f/2.4 paling banyak digunakan Sindonews untuk merekam footage sinematik. Di pencahayaan mini sekalipun, lensa ultra wide Mi 11 tetap mampu mempertahankan fokus serta detail video yang sangat baik.



Untuk angle close up, B-roll, serta bokeh, Sindonews memanfaatkan kamera utama 108MP wide-angle. Kamera ini bukan 108 MP biasa. Sebab, sudah dilengkapi tujuh elemen lensa (7P), bukaan f/1.85, teknologi 4-in-1 Super Pixel, OIS, serta sensor berukuran 1/1.33”.

Bisa dibilang kamera 108 MP ini paling handal. Di pencahayaan rendah, di bawah terik matahari, hingga di sore hari, setiap momen dapat direkam dengan sangat baik.
Terakhir, Sindonews memanfaatkan kamera kamera telemacro 5MP, f/2.4 untuk mendapat footage B-Roll, ataupun opening. Misalnya detil bagian dari interior mobil, detil daun di pagi hari, atau obyek-obyek kecil lainnya. Kamera macro ini bisa merekam obyek berjarak 3-10cm di depan lensa.

Adapun kamera depan Xiaomi Mi 11 dengan sensor 20MP, 4-in-1 Super Pixel, dan bukaan f/2.2, berperan penting saat membagikan cuplikan video pendek untuk Story di Instagram, YouTube, hingga TikTok. Sindonews suka warna kulitnya yang cenderung natural/alami.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE