Jangan Sembarangan Backup Data di Smartphone, Gunakan Aturan 3-2-1

Selasa, 30 Maret 2021 - 12:31 WIB
loading...
Jangan Sembarangan Backup Data di Smartphone, Gunakan Aturan 3-2-1
USB on-the-go ini memudahkan pengguna dalam melakukan back-up foto, video, musik, dokumen, dan bahkan kontak yang tersimpan di handphone. Foto: dok Western Digital
A A A
JAKARTA - Satu-satunya hal yang tidak bisa di beli dan di ulang adalah momen. Karena itu, jangan sampai foto atau video yang sudah direkam di ponsel hilang begitu saja.

Lalu, bagaimana caranya agar tidak hilang? Tentu saja dengan melakukan backup data. Bisa menyalin langsung dari ponsel ke USB melalui SanDisk Ultra Dual Drive Go dan SanDisk Ultra Dual Drive Luxe keluaran Western Digital.



Perangkat tersebut memungkinkan pengguna memindahkan file antara smartphone, tablet, dan laptop dengan USB Type-C atau Type-A.

USB on-the-go ini memudahkan pengguna dalam melakukan back-up foto, video, musik, dokumen, dan bahkan kontak yang tersimpan di handphone dengan aplikasi SanDisk Memory Zone.

Nah, pertanyaan berikutnya, ketika melakukan backup data, banyak orang yang bingung, dimana sebaiknya menyimpan semua file yang dimiliki? Dimana sebaiknya menyimpan “database”?

Menurut Western Digital, sangat berisiko jika Anda hanya menyimpan di satu perangkat tunggal – misalnya hanya di laptop.

Sebab, jika terjadi kerusakan, akan sangat sulit untuk bisa mengembalikan data-data yang sudah hilang di perangkat tersebut. ”Untuk itu, ingatlah aturan 3-2-1 untuk backup data yang lebih aman,” tulis keterangan resmi mereka. Apa itu aturan 3-2-1 untuk backup data?

1. Anda harus memiliki minimal 3x salinan data

2. Simpan 2 salinan data di 2 lokasi yang berbeda
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)