Gmail, Yahoo Mail, dan Aplikasi Google Lainnya Dikabarkan Sempat 'Mogok'

Rabu, 24 Maret 2021 - 06:05 WIB
loading...
Gmail, Yahoo Mail, dan Aplikasi Google Lainnya Dikabarkan Sempat Mogok
Laporan dari pengguna Android menunjukkan aplikasi populer seperti Gmail, Yahoo Mail terus mogok setelah dibuka. Foto/Giz China
A A A
MOUNTAIN VIEW - Kemarin lusa, ada beberapa laporan bahwa aplikasi Google terus mogok setelah aktivasi. Nah, hingga pagi kemarin masalah tersebut masih berlanjut.

Laporan dari pengguna Android menunjukkan aplikasi populer terus mogok setelah dibuka. Faktanya, dalam banyak kasus, aplikasi ini bahkan tidak terbuka. Laporan tersebut menyebutkan aplikasi seperti Gmail, Yahoo Mail, dan aplikasi Google. Menurut Down Detector, monitor pemadaman independen, ada lonjakan di Gmail, Yahoo Mail, dan laporan down Google kemarin.
Gmail, Yahoo Mail, dan Aplikasi Google Lainnya Dikabarkan Sempat 'Mogok'

Laman Giz China menyebutkan, seorang pengguna Android menggunakan Twitter untuk menyuarakan rasa frustrasinya. Satu Tweet berbunyi, “Sepertinya saat ini ada masalah dengan aplikasi @gmail di Android - terus-menerus mogok untuk saya saat ini #Gmail”.

Tulisan lainnya berbunyi: “@gmail Hei, aplikasi Gmail Anda mogok.”

Karena semakin banyak pengguna yang terus menghadapi masalah aplikasi Google ini, banyak orang sudah mencari perbaikan tidak resmi. Untungnya, perbaikan telah ditemukan.
Gmail, Yahoo Mail, dan Aplikasi Google Lainnya Dikabarkan Sempat 'Mogok'

Menurut laporan, pengguna harus mencopot 'Android System Webview' melalui Google Play Store. Ini secara efektif memperbaiki masalah aplikasi yang mogok. Solusi ini dilontarkan dari pengguna Twitter, Stéphane Franiatte.

Tweet tersebut berbunyi, “Untuk siapa pun di luar sana yang mengalami aplikasi mogok di ponsel #android mereka: copot pemasangan‘ Tampilan Web Sistem Android ’melalui Google Play Store - itu berhasil bagi saya, setidaknya untuk saat ini.”

Ini berarti pengguna bahkan tidak yakin berapa lama perbaikan akan berlangsung. Tentu saja, ini bukan perbaikan resmi dari Google sehingga kita tidak berharap ini menjadi solusi jangka panjang.

Hingga saat ini, belum ada komentar resmi dari Google meski beberapa pesan telah dikirimkan ke perusahaan tersebut.

Namun, tampaknya masalah ini bukanlah masalah global. Mungkin juga tidak tersebar luas. Meski begitu, itu memengaruhi cukup banyak pengguna serta aplikasi Google sehingga perusahaan khawatir. Pada bagiannya, akun Twitter resmi Gmail telah membalas pengguna dengan masalah ini. Salah satu tanggapannya berbunyi.

"Oh tidak! Kami memeriksa dan semuanya baik-baik saja di sini. Apakah Anda mendapatkan pesan kesalahan? Di perangkat mana Anda menggunakan Gmail? Beri tahu kami lebih banyak, karena kami ingin membantu.”

Tanggapan lain dari @Gmail Twitter menyarankan agar pengguna menghapus cache mereka.

Untuk melakukan ini, pengguna Android perlu membuka Pengaturan> Aplikasi> Gmail> Penyimpanan> Hapus Cache.

Selain Gmail, Yahoo Mail, dan Google, ada juga laporan masalah dengan aplikasi seperti Discord dan Outlook yang mogok juga.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)