WhatsApp Down, Instagram Down, Facebook Down Bersamaan, Netizen Mengeluh

Sabtu, 20 Maret 2021 - 06:38 WIB
loading...
WhatsApp Down, Instagram Down, Facebook Down Bersamaan, Netizen Mengeluh
Platform media sosial Facebook, WhatsApp, dan Instagram kompak down dini hari tadi. Foto/Ist
JAKARTA - WhatsApp , Instagram dan Facebook kompak down alias tumbang pada Sabtu (20/3/2021) dini hari tadi. Netizen pun satu suara, mengeluh. Baca juga: Kolaborasi WhatsApp, Kominfo dan ICT Watch Berupaya Melawan Disinformasi di RI

Para pengguna OTT ini teriak di Twitter yang sering digunakan netizen untuk berkeluh kesah jika ada layanan media sosial yang mengalami kendala. Bahkan kata WhatsApp dan tagar #Instagramdown memuncaki trending di Twitter hingga menembus 1,3 juta twit dan tagar #Instagramdown 152.000 twit sampai pukul 01.51 WIB.

Sementara Facebook terpantau masih bisa diakses di Indonesia, namun sebagian pengguna di negara lain melaporkan tak bisa menggunakannnya. "Kirain wifi gua yg error, ternyata emg whatsapp nya yg nge down," kata netizen.

"Segitu tergantungnya manusia sekarang dengan teknologi dan sosial media. Gimana misalkan semua sosial media error sebulan ??? #waerror #wadown #Whatsaap #WhatsAppDown #instagramdown #instagram," cuit netizen lainnya.

"Instagram whatsapp udh normal alhamdulilah To twitter : MAKASIH UDAH SELALU ADA," ujar yang lain.



Berdasarkan laporan dari situs Downdetector, ada ribuan keluhan yang masuk dari pengguna sejak pukul 00.30 WIB.

Ada sekitar 55.000 pengguna Instagram, 9.000-an pengguna WhatsApp, dan 1.500-an penguna Facebook yang melaporkan tumbangnya ketiga platform itu.

Saat MNC Portal Indonesia mencoba mengirim pesan via WhatsApp, baik teks foto, video bahkan stiker, tidak bisa terkirim. Sementara di Instagram, tidak bisa me-refresh feed atau pun mengunggah posting-an.

Tak hanya Indonesia, pengguna di negara lain juga mengeluhkan hal yang sama. Pengaduan tumbangnya kedua platform itu berasal dari Amerika, Brasil, Italia, Indonesia, Mesir Brasil, Argentina, Rusia Malaysia Qatar UEA Maroko Peru hingga Afrika.

Setelah hampir satu jam tumbang, pukul 01.10 WIB, Instagram dan WhatsApp pulih. Baca juga: Sambil Menangis, Serda Aprilio Perkasa Manganang Bahagia dengan Statusnya
(iqb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE