3 Cara Paling Mudah Mengecek RAM di Laptop Anda

Rabu, 24 Maret 2021 - 20:05 WIB
loading...
3 Cara Paling Mudah Mengecek RAM di Laptop Anda
Untuk laptop entry level dengan kebutuhan untuk mengetik atau berselancar web, RAM 4 GB hingga 8 GB sudah cukup. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Perannya vital, karena salah satu kegunaan RAM komputer adalah mempercepat kinerja komputer. Nah, bagaimana cara mengecek RAM komputer kita dengan mudah?

RAM punya peran penting untuk membantu kinerja komputer dalam pengolahan data. Karena itu, semakin besar ukuran RAM , maka semakin cepat dan lancar kinerja komputer.



Jenis RAM pada komputer juga sangat beragam. Mulai RAM DDR2 hingga yang terbaru DDR 5. Tentu, semakin baru semakin baik.

Berapa ukuran RAM yang pas? Tergantung dari kebutuhan. Untuk laptop entry level dengan kebutuhan untuk mengetik atau berselancar web, RAM 4 GB hingga 8 GB sudah cukup.

Sebaliknya, jika pengguna mendambakan fungsi komputer yang gegas, atau digunakan untuk bermain game, maka bisa memilih RAM 16 GB, 32 GB, bahkan 64 GB. Nah, bagaimana cara kita megecek RAM laptop? Ada beberapa cara yang bisa dipilih.

1. Lewat Dxdiag
Cara ini hanya butuh beberapa fungsi sederhana. Pertama, tekan “Windows” + “R” pada keyboard.

Lalu, akan muncul jendela RUN. Ketikkan “dxdiag” pada jendela RUN dan klik OK.

Dari situ akan muncul DirectX Diagnostic Tool, untuk mengetahui jumlah atau besaran RAM di laptop.

2. Windows Setting
Masuk ke “Control Panel” di Windows. Kemudian pilih menu “System and Security”. Lalu, pilih Menu “System”. Lantass arahkan ke jendela baru yang memperlihatkan informasi kapasitas RAM pada laptop.



3. Aplikasi Speccy
Aplikasi freeware ini akan mendeteksi kualitass RAM di komputer. Pertama, instal dulu aplikasinya. Setelah dibuka, Speccy akan memperlihatkan kapasitas RAM sserta berbagai informasi perangkat lainnya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)