Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang ASUS ROG Phone 5

Kamis, 11 Maret 2021 - 10:23 WIB
loading...
Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang ASUS ROG Phone 5
ASUS ROG Phone 5 resmi meluncur dengan tiga model yang membawa kamera serupa dengan edisi sebelumnya. Foto-foto/Android Authority
A A A
NEW DELHI - ASUS ROG Phone 5 resmi meluncur menggoda para gamer yang menyukai bermain game di mana dan kapan saja. Sebelum kalian memutuskan untuk membeli, yuk cek dulu kemampuannya!

Sekilas ROG Phone 5
ASUS meluncurkan seri ROG Phone 5 pada 10 Maret 2021, artinya diluncurkan jauh lebih awal dari tahun lalu. Saat itu merek Taiwan ini memperkenalkan ROG Phone 3 pada bulan Juli.

ROG Phone 5 adalah tindak lanjut langsung dari ROG Phone 3 tahun 2020. ASUS melewatkan nomor empat dengan seri ini.

Ya, banyak pabrikan China lain melakukan hal ini. Alasannya, kata China untuk "empat" terdengar sangat mirip dengan kata China untuk "kematian". Ini telah menciptakan takhayul yang lazim dalam budaya Asia Timur bahwa angka empat adalah sial.
Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang ASUS ROG Phone 5

Terlepas dari itu, ROG Phone 5 series menampilkan peningkatan yang diharapkan. Termasuk, penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 888.

Android Authority menyebutkan, ponsel gaming ini memiliki batas RAM lebih tinggi dari tahun lalu, mengemas Android 11, dan fast charging. ASUS ROG Phone 5 juga membawa kembali jack headphone, yang sempat hilang dari ROG Phone 3.

Karena ini adalah ponsel gaming, maka handphone juga dilengkapi trik perangkat keras dan perangkat lunak yang secara khusus dirancang untuk para gamer. Itu termasuk aplikasi ASUS Armory Crate untuk pengoptimalan game, dan estetika desain keseluruhan yang cocok dengan produk ASUS Republic Of Gamers lainnya.

Selain itu, ada tiga versi ponsel yang berbeda di tahun ini. ROG Phone 5 adalah model dasar, sedangkan ROG Phone 5 Pro sedikit menaikkan spesifikasi, dan ROG Phone 5 Ultimate mewakili puncak dari seri kali ini.

Harganya masing-masing mulai dari Rp13,6 juta, Rp20 juta, dan Rp22,1 juta.

Apakah ROG Phone 5 Layak Dibeli?
Jika Anda mencari ponsel yang secara khusus diperuntukkan untuk bermain game, ASUS ROG Phone 5 bisa jadi salah satu pertimbangan. Dengan CPU bertenaga tinggi, layar 144Hz yang hebat, audio sebening kristal, dan fitur game-sentris built-in, ini mungkin ponsel gaming terbaik di pasar.

Meski begitu, ponsel ini juga layak untuk dilihat meskipun Anda bukan seorang gamer. Pertama, ada CPU, tampilan, dan audio, yang kuat.

Selain itu, sistem kamera pada ROG Phone 5 sebenarnya jauh lebih baik dari yang diharapkan. Ini tidak super serbaguna karena tidak memiliki lensa telefoto, tetapi memberikan dasar-dasar dengan kualitas yang sangat tinggi.

Kamera ROG Phone 5
Sistem kamera di ROG Phone 5 hampir sama dengan yang kita lihat di ROG Phone 3. Di bagian belakang, kalian akan menemukan lensa primer 64 MP yang diapit oleh ultra-lebar 13 MP dan makro 5 MP. Di bagian depan, Anda akan menemukan kamera selfie 24 MP.
Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang ASUS ROG Phone 5

Tahun lalu, kamera ROG Phone 3 memberikan kecepatan, akurat warna, dan jangkauan dinamis yang baik. Mengingat tidak ada yang berubah di tahun ini, maka hasil yang sama kemungkinan akan diperoleh oleh ASUS ROG Phone 5.

Namun, kelemahan terbesar adalah lensa telefoto. Jenis lensa ini membantu memperbesar objek yang jauh. Tanpanya, ASUS ROG Phone 5 hanya mengandalkan digital zoom yang intinya hanya cropping. Karena itu, sedikit saja zoom akan menurunkan kualitas gambar Anda.

ASUS sendiri sudah mengonfirmasi hal ini. Mereka secara gamblang menegaskan bahwa kamera pada seri ROG Phone bukanlah prioritas utama. Terlepas dari itu, para gamer pasti tetap happy melihat pabrikan masih memberikan pengalaman pencitraan berkualitas tinggi.

Daya Tahan Baterai
Di dalam ROG Phone 5, Anda akan menemukan dua sel berkapasitas 3.000 mAh. Gabungan, mereka membangun catu daya 6.000 mAh di telepon. Sebagai perbandingan, Galaxy S21 Ultra saja hanya memiliki kapasitas 5.000 mAh.

Sayangnya, fitur integral dari ROG Phone 5 menyedot tenaga dengan cepat. Jika Anda sering bermain game menggunakan kecepatan refresh tampilan 144Hz bersama Air Triggers, baterai akan cepat habis.

Kabar baiknya, meskipun Anda bermain game selama berjam-jam dan kehabisan baterai, tidak perlu waktu lama untuk mengisi ulang baterai kembali. Berkat pengisi daya dalam kotak 65W, Anda dapat meningkatkan level baterai ponsel dari 0-100% dalam waktu sekitar 55 menit. Dengan kata lain, 15 menit pengisian daya akan membuat Anda kembali bermain game saat bepergian setidaknya beberapa jam lagi sebelum Anda perlu mencari colokan.

Sayangnya, tidak ada dukungan wireless charging pada ASUS ROG Phone 5. Pengguna akan menggunakan kabel USB-C untuk semua kebutuhan daya.

Ponsel memiliki dual-USB-C-port yang sama dengan pendahulunya. Ini memungkinkan gamer untuk mengisi daya telepon dari bawah atau dari samping, yang sangat nyaman untuk mengakomodasi gaya permainan tertentu.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)