Lupa Password DJP Online, Ini Cara Memulihkan dan Mendapatkan EFIN

Rabu, 03 Maret 2021 - 10:00 WIB
loading...
Lupa Password DJP Online, Ini Cara Memulihkan dan Mendapatkan EFIN
Melaporkan SPT Tahunan PPh kini jauh lebih mudah dengan menggunakan eFilling. Hanya saja banyak pelapor yang lupa dengan Password mereka. Foto/IST
JAKARTA - Lupa Electronic Filling Identification Number (EFIN) di situs Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Online, adalah hal yang paling jamak terjadi setiap pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT)Pajak Penghasilan (PPh) digelar. EFIN memang jadi hal yang sangat penting bagi wajib pajak yang ingin melaporkan SPT PPh mereka secara daring.

Hanya saja untuk melakukan pelaporan SPT PPh secara online, wajib pajak harus ingat dengan password yang mereka buat saat melakukan pendaftaran SPT PPh secara online. Nah yang tidak ingat dengan password mereka diberikan opsi untuk melakukan pengubahan kata sandi.

Baca juga : Mengungkap Keberadaan Black Box di Mobil, Mitos atau Fakta?
Lupa Password DJP Online, Ini Cara Memulihkan dan Mendapatkan EFIN


Masalahnya kata sandi bisa diubah jika wajib pajak ingat dengan EFIN yang mereka miliki. Tentu saja EFIN juga diserahkan kepada wajib pajak oleh kantor pajak saat pertama kali melakukan pendaftaran SPT PPh online.

Nah untuk mendapatkan lagi EFIN tersebut, wajib pajak bisa melakukan dua cara. Yang pertama tentu saja mendatangi kantor pajak dimana Anda melakukan pendaftaran SPT PPh online pertama kali. Di kantor pajak Anda tinggal melakukan pemberitahuan dan akan kembali mendapatkan EFIN.



Namun jika Anda tidak punya waktu dan memilih melakukannya secara online anda bisa mendapatkan EFIN melalui akun Twitter @kring_pajak. Nah berikut cara yang harus Anda lakukan melalui akun Twitter @kring_pajak.

1. Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengikuti akun Twitter @kring_pajak
2. Setelah itu Anda bisa mengirim pesan melalui fitur Direct Message ke akun Twitter @kring_pajak.
3. Pesan tersebut merupakan tiga jawaban dari pertanyaan berikut ;
- WP orang pribadi atau badan?
- Sudah aktivasi EFIN/belum di KPP?
- Password DJPOnline Lupa atau Ingat?

Baca juga : Jeep Tolak Permintaan Suku Indian Agar Copot Nama Cherokee
Lupa Password DJP Online, Ini Cara Memulihkan dan Mendapatkan EFIN


Nah, jika anda merupakan WP orang pribadi, sudah melakukan aktivasi EFIN dan lupa password, maka jawaban yang Anda kirim ke akun Twitter @kring_pajak melalui Direct Message, seperti di bawah ini ;

- Pribadi
- Sudah
- Lupa



Jangan lupa Anda harus menyertakan hashtag #LupaEFIN dalam jawaban tersebut.

4. Nantinya, Anda akan mendapatkan jawaban pesan dari akun Twitter @kring_pajak berisi langkah-langkah yang harus lakukan. Anda tinggal menjawab kembali semua langkah tersebut. Karena isinya bersifat rahasia, Anda harus merahasiakan jawaban tersebut.

5. Jika Anda sudah mengirimkan kembali jawaban pesan melalui fitur Direct Message, Anda tinggal menunggu sampai akun Twitter @kring_pajak mengirimkan jawaban baru.
6. Jawaban akan dikirim ke email yang Anda gunakan saat mendaftarkan DJPOnline.
7. Di dalam email jawaban itu nantinya Anda akan mendapatkan EFIN yang Anda miliki lewat PDF yang terproteksi. Jangan khawatir, @kring_pajak akan memberikan panduan mendapatkan password, yang ada dalam email tersebut, untuk membuka PDF terproteksi.
8. Setelah PDF terproteksi terbuka Anda akan langsung mendapatkan EFIN.
9. Setelah EFIN didapatkan, Anda baru bisa melanjutkan kembali ke proses penggantian password di situs DJPOnline.
10. Begitu selesai, pastikan kembali Anda menyimpan EFIN dengan rapih. Anda bisa melakukannya dengan mencetak EFIN tersebut dan melaminatingnya seperti kartu, dimana ini merupakan cara yang paling disarankan.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE