MSI Prestige 15, Laptop Rp30 Jutaan untuk Content Creator, Bukan Gamer

Selasa, 02 Maret 2021 - 16:09 WIB
loading...
MSI Prestige 15, Laptop Rp30 Jutaan untuk Content Creator, Bukan Gamer
MSI Prestige 15 A10SC-079ID memang ditakdirkan untuk content creator. Karena ada banyak hal yang relevan dengan keseharian para videografer, video editor, desainer, YouTuber, dan lainnya. Foto: Sindonews/danang arradian
A A A
JAKARTA - MSI Prestige 15 A10SC-079ID dibekali fitur dan spesifikasi tinggi ala laptop gaming, tapi dengan form factor dan portabilitas laptop bisnis. Seperti apa?

Nama MSI memang lekat dengan laptop gaming. Vendor asal Taiwan ini populer di kalangan mereka yang mencari laptop gaming dengan spesifikasi tinggi, bersaing dengan ASUS ROG, Lenovo Legion, Acer Nitro, hingga HP Pavilion.



Dan mereka sadar benar bahwa tidak semua pengguna butuh laptop spesifikasi tinggi hanya sekadar untuk bermain game. Ada segmen lain yang terus tumbuh dan membesar: content creator atau pekerja kreatif.

MSI Prestige 15, Laptop Rp30 Jutaan untuk Content Creator, Bukan Gamer

Bedanya jelas. Ya, mereka butuh laptop dengan spek tinggi untuk mendesain, merender, ataupun mengedit video. Tapi, mereka tidak ingin laptop yang berat, yang tampangnya “rame”, yang terlalu tebal, atau yang layarnya terlalu besar.

Berbeda dengan gamer yang menghabiskan waktunya di rumah, para content creator ini umumnya punya mobilitas yang cukup tinggi. Misalnya untuk syuting, bekerja di café, atau bertemu klien. Karena itu, jangan sampai berat laptop lebih dari 2 kg karena akan sangat menghamat mobilitas.

Soal kemewahan laptop juga menjadi penting saat mereka berhadapan/meeting dengan klien. Tentu, mereka ingin terlihat meyakinkan, serius berkarya, dan elegan/profesional. Dan MSI Prestige 15 A10SC-079ID memberikan hal itu.

Terus terang MSI membekali Prestige 15 A10SC-079ID dengan spesifikasi yang cukup galak, dengan banderol harga yang terbilang premiium. Yakni mencapai Rp30.399.000. Mahal? Relatif. Nah, berikut ulasan Sindonews:

MSI Prestige 15, Laptop Rp30 Jutaan untuk Content Creator, Bukan Gamer

Tampilan kover MSI Prestige 15 A10SC-079ID terbilang elegan. Hanya ada logo MSI berbentuk naga yang sangat cool. Teksturnya menggunakan konsep sandblast serta ujung diamond-cut edge yang meruncing. Ini soal selera, tapi Sindonews suka sekali dengan tampilan simpel ini. Tidak membosankan.

MSI Prestige 15, Laptop Rp30 Jutaan untuk Content Creator, Bukan Gamer

Begitu dibuka, pengguna mendapat layar 4K UHD (3840x2160) berukuran 15.6 inci. Dan coba lihat bezelnya, tipis sekali. Jadi laptop 15 inci terasa seperti 13 inci. Tidak hanya layarnya yang terasa besar, tapi 100% AdobeRGB color gamut membuat editing warna di Photoshop ataupun Adobe Premiere menjadi sangat akurat. Content creator akan dimanjakan saat mengedit konten foto dan video.

MSI Prestige 15, Laptop Rp30 Jutaan untuk Content Creator, Bukan Gamer

Di sebelah kiri, pengguna mendapatkan dua selot USB Type C untuk charging atau memindah data dari kamera/HDD eksternal. Ini praktis sekali. Karena tidak perlu ada selot power lagi.

Ada juga selot HDMI untuk menghubungkan laptop ke layar TV atau monitor yang lebih besar, misalnya untuk presentasi. Sedangkan lobang jack 3.5 mm untuk mendengarkan musik sambil mengedit foto dan video.

MSI Prestige 15, Laptop Rp30 Jutaan untuk Content Creator, Bukan Gamer

Di sebelah kanan, content creator masih mendapat dua selot USB standar. Jadi tidak repot untuk menghubungkan aksesori yang belum memakai USB Type C. Selotnya lengkap sekali. Ada juga selot microSD untuk memindah data dari drone, kamera, atau bahkan ponsel.

Dan tidak main-main, UHS-II High Speed Card Reader bisa memindah data jauh lebih cepat. Penting sekali saat content creator harus menyalin file video berukuran puluhan gigabyte dari microSD/SD Card ke laptop.

MSI Prestige 15, Laptop Rp30 Jutaan untuk Content Creator, Bukan Gamer

Untuk keyboard, menurut Sindonews Keyboard Single backlight KB (White) cukup nyaman. Untuk mengetik lama, hingga bermain gim. Tutsnya cukup Tactile dan memiliki pantulan yang empuk. Jangan lupa ada Built-in fingerprint sensor untuk mempermudah log-in.

MSI Prestige 15, Laptop Rp30 Jutaan untuk Content Creator, Bukan Gamer

Posisi layar MSI Prestige 15 A10SC-079ID bisa dibuka hingga 180 derajat.

Secara dimensi dan portabilitas, MSI Prestige 15 A10SC-079ID terbilang sangat ringan dan tipis. Bayangkan, laptop 15.9 inci dengan Intel Core i7 generasi ke-10 (Comet Lake) beratnya hanya 1.6 kilogram. Mewah sekali.

Selain itu, daya tahan baterainya juga juara. Klaim MSI adalah 16 jam. Namun, dalam pengujian Sindonews mendapatkan 12-13 jam karena kombinasi memainkan game yang cukup berat dan editing video. Tapi, itu pun sudah sangat irit.

Ternyata wajar ketika laptop ini terasa kokoh saat dipakai. Sebab, sudah menggunakan durabilitas militer MIL-STD-810G. Dampaknya, laptop ini tidak terasa ringkih. Cocok sekali bagi mereka yang suka perjalanan jauh atau traveling.

MSI Prestige 15, Laptop Rp30 Jutaan untuk Content Creator, Bukan Gamer

Untuk pendinginan, sudah ada Cooler Boost 3 Technology yang memiliki 2 kipas serta 3 pipa pelepas panas. Saat Sindonews gunakan untuk memainkan game seperti Apex Legend, memang tidak pernah terlalu panas. Tapi dua kipasnya cukup berisik.

MSI Prestige 15, Laptop Rp30 Jutaan untuk Content Creator, Bukan Gamer

Bagaimana dengan spesifikasinya? MSI Prestige 15 A10SC-079ID sudah memakai Intel Core i7-10710U (12M Cache, hingga 4.70 GHz) yang terbaru dan kencang. Dikombinasikan RAM 32 GB (16 GB x 2 (2.666 MHz)), DDR IV 32GB. Sementara HDD-nya sudah 1TB NVMe PCIe SSD yang cepat sekali.

Dengan 1 TB SSD, pengguna tidak perlu membawa-bawa HDD eksternal lagi. Karena kebutuhan syuting 1-2 minggu pun masih bisa di tampung di dalam memori internalnya.

Hanya saja, memang tetap ada yang harus dikorbankan. Kali ini, dari sisi grafis. Dengan banderol Rp30 juta, MSI masih memakai NVIDIA GTX 1650 Max-Q, DDR5 4GB. Memang cukup, tapi tidak istimewa seperti NVIDIA GeForce RTX 2060 yang sekarang sedang hype.

Dalam pemakaian, Sindonews bisa mengedit file video 4K 120 fps di Premiere Pro tanpa ada masalah berarti.

Untuk mengedit video resolusi 1080p di Adobe After Effect, lagi-lagi lancar sekali tanpa kendala.

Namun, saat harus melakukan color grading video 4K, baru terasa bagaimana NVIDIA GTX 1650 Max-Q kewalahan sehingga frame menjadi patah-patah.

Kesimpulan
MSI Prestige 15, Laptop Rp30 Jutaan untuk Content Creator, Bukan Gamer

Ya, MSI Prestige 15 A10SC-079ID memang ditakdirkan untuk content creator. Karena ada banyak hal yang relevan dengan keseharian para videografer, video editor, desainer, YouTuber, dan lainnya.

Ada banyak hal yang membuat pekerjaan jadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih praktis. Mulai layar 4K dan saturasi warna sRGB-nya yang akurat sekali dan memanjakan mata, ukuran tipis, ringan dan tangguh, selot-selot yang komplet (USB-C Thunderbolt), trackpad berukuran besar, fingerprint, selot microSD, Office 356 Home Original, dan masih banyak lagi. Semua fitur-fitur itu benar-benar terpakai dalam keseharian para content creator.



Dengan Rp30 juta, apakah layak beli? Jika Anda adalah content creator dengan load pekerjaan tinggi, biasa berkutat dengan file video berukuran besar, berjibaku dengan Adobe After Effect dan Premiere, dan sering bekerja mobile ke luar kota, maka MSI Prestige 15 A10SC-079ID akan relevan untuk Anda.

Ya, ada beberapa kekurangan seperti kartu grafis yang bukan terbaru, tampilan yang tidak mewah untuk harga Rp30 juta, serta fan yang sedikit berisik. Selebihnya, ini adalah laptop yang sangat handal dan benar-benar mampu memenuhi kebutuhan content creator profesional maupun amatir.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2728 seconds (0.1#10.140)