Mainan Kereta Api, Tim Berners Lee Buat Internet Bebas Diakses Semua Orang

Senin, 22 Februari 2021 - 23:13 WIB
loading...
A A A
Tim Berners Lee juga menulis editor/browser halaman web pertama ("WorldWideWeb.app") dan server web pertama ("httpd"). Pada akhir 1990, halaman web pertama disajikan di internet terbuka, dan pada tahun 1991, orang-orang di luar CERN diundang untuk bergabung dengan komunitas web baru ini.

Ketika web mulai berkembang, Tim menyadari potensi sebenarnya hanya akan terbuka jika siapa pun, di mana pun dapat menggunakannya tanpa membayar biaya atau harus meminta izin. “Seandainya teknologi itu merupakan hak milik, dan dalam kendali penuh saya, itu mungkin tidak akan lepas landas. Anda tidak dapat mengusulkan bahwa sesuatu menjadi ruang universal dan pada saat yang sama tetap mengendalikannya," paparnya.

Jadi, Tim dan yang lainnya menganjurkan untuk memastikan bahwa CERN akan setuju untuk membuat kode dasar tersedia dengan dasar bebas royalti, selamanya. Keputusan ini diumumkan pada bulan April 1993 dan memicu gelombang kreativitas, kolaborasi, dan inovasi global yang belum pernah ada sebelumnya. Pada tahun 2003, perusahaan mengembangkan standar web baru yang berkomitmen pada Kebijakan Bebas Royalti untuk pekerjaan mereka.

Pada tahun 2014, kita merayakan ulang tahun ke-25 web, hampir dua dari lima orang di seluruh dunia menggunakannya.

Tim pindah dari CERN ke Massachusetts Institute of Technology pada 1994 untuk mendirikan World Wide Web Consortium (W3C). Ini merupakan sebuah komunitas internasional yang mengabdikan diri untuk mengembangkan standar web terbuka. Dia menjadi Direktur W3C sampai hari ini.

Komunitas web awal menghasilkan beberapa ide revolusioner yang sekarang menyebar jauh melampaui sektor teknologi:

Desentralisasi
Tidak diperlukan izin dari otoritas pusat untuk memposting apa pun di web, tidak ada node pengendali pusat, jadi tidak ada satu titik kegagalan ... dan tidak ada "tombol pemutus"! Ini juga menyiratkan kebebasan dari sensor dan pengawasan tanpa pandang bulu.

Non-diskriminasi
Jika kita membayar untuk terhubung ke internet dengan kualitas layanan tertentu, dan Anda membayar untuk terhubung dengan itu atau kualitas layanan yang lebih baik, maka kita berdua dapat berkomunikasi pada tingkat yang sama. Prinsip ekuitas ini juga dikenal sebagai Netralitas Bersih.

Desain bottom-up
Kode tidak ditulis dan dikendalikan oleh sekelompok kecil ahli, tetapi dikembangkan di hadapan semua orang, mendorong partisipasi dan eksperimen maksimum.

Universalitas
Agar siapa pun dapat mempublikasikan apa pun di web, semua komputer yang terlibat harus berbicara dalam bahasa yang sama satu sama lain, apa pun perangkat keras berbeda yang digunakan orang; Dimana mereka tinggal; atau keyakinan budaya dan politik apa yang mereka miliki. Dengan cara ini, jaring memecah silo sambil tetap membiarkan keragaman berkembang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)