Aplikasi Ini Bisa Memperkecil Ukuran File Video di Macbook

Kamis, 11 Februari 2021 - 19:05 WIB
loading...
Aplikasi Ini Bisa Memperkecil Ukuran File Video di Macbook
Aplikasi memperkecil video ini hand brake bisa diunduh secara gratis dari laptop maupun PC.
A A A
JAKARTA - Memperkecil ukuran video bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, baik online maupun software offline . Kedua langkah tersebut punya keunggulan dan kelemahan.

Agar lebih mudah, cara memperkecil ukuran video biasanya menggunakan metode online di mana pengguna cukup mengunggah video ke dalam website. Tapi, cara ini bisa membuat kualitas video menurun.



Berikut bagaimana cara memperkecil ukuran video secara offline atau menggunakan aplikasi tanpa menurunkan kualitas video tersebut dari berbagai sumber, Kamis (11/2):

Pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Hand Brake. Aplikasi memperkecil video ini bisa diunduh secara gratis dari laptop maupun PC.

Jika proses download sudah selesai, kemudian aplikasi Hand Brake diinstal di laptop maupun PC sampai benar-benar muncul logonya.

Setelah itu, pengguna membuka aplikasinya dan klik kata 'File' yang berada di kolom sebelah kiri. Kemudian masukan video yang ingin diperkecil ukurannya.

Jika video sudah masuk ke aplikasi Hand Brake, selanjutnya klik 'Summary' dan cari tulisan Format lalu centang 'Web Optimize'. Pindahkan kursor ke kotak bertuliskan 'Video' dan pilih angka 23,976 pada kolom framerate.

Pindahkan lagi kursor ke kotak bertuliskan 'Audio' dan ubah angka 160 menjadi 128. Setelah itu pengguna harus menentukan lokasi penyimpanan video yang sudah diperkecil.



Jika sudah, klik icon 'Play' di bagian atas yang berwarna hijau (Start Encode). Tunggu proses compress-nya sampai selesai. Untuk waktunya tergantung durasi video dan ukuran video yang akan diperkecil.

Apabila proses compress sudah selesai, cek kembali video di tempat pengguna menyimpannya tadi. Jika berhasil, kapasitas video akan berkurang cangat besar.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)