India Larang Permanen TikTok dan 58 Aplikasi Asal China Lainnya

Selasa, 26 Januari 2021 - 16:01 WIB
loading...
India Larang Permanen TikTok dan 58 Aplikasi Asal China Lainnya
Alasan pelarangan sama dengan pelarangan di beberapa negara lainnya, yakni karena privasi dan keamanan. Foto/Ist
NEW DELHI - TikTok akhirnya resmi dilarang secara permanen diIndia. Alasannya sama dengan pelarangan di beberapa negara lainnya, yakni karena privasi dan keamanan. Tak hanya TikTok, 58 aplikasi asal China lainnya juga dilarang di sana.

Sebelumnya, pemerintah Negeri Bollywood telahmemberikan kesempatan kepada pengembang aplikasi-aplikasi tersebut, agar bisa menjelaskan sikap mereka terhadap kepatuhan persyaratan privasi dan keamanan yang diberlakukan di negaranya.Baca juga : Di Korea, Beli Mobil Listrik Dapat Subsidi Rp243 Juta

Melansir dari Reuters, Selasa (26/1/2021), selain ByteDance sebagai induk TikTok, Tencent Holdings induk WeChat dan Alibaba induk UC Browser juga sudah dimintai keterangan serupa.

Namun, berdasarkan laporan media setempat, pemerintah India kabarnya tidak merasa puas dengan jawaban dari perusahaan-perusahaan aplikasi asal China itu. Alhasil, 59 aplikasi pun dilarang secara permanen.



"Pemerintah tidak puas dengan tanggapan dan penjelasan yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan ini. Oleh karena itu, 59 aplikasi ini sekarang dilarang permanen," tulis media India, Livemint.

Pemerintah India juga pernah menyebutkan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara, dan ketertiban umum.Baca juga : Masalah Internal, Peluncuran Resident Evil 4 Remake Ditunda

Pada September lalu, India telah melarang 118 aplikasi seluler lainnya, termasuk game populer buatan Tencent yakni PUBG, karena meningkatkan tekanan pada perusahaan teknologi China.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE