Membandingkan Kotak iPhone 12 Pro dan Galaxy S21+

Rabu, 20 Januari 2021 - 13:25 WIB
loading...
Membandingkan Kotak iPhone 12 Pro dan Galaxy S21+
Kotak iPhone 12 dan Galaxy S21+ yang ukurannya lebih tipis. Di dalamnya hanya ada ponsel tanpa aksesoris lainnya. Foto: sindonews/danang arradian
A A A
JAKARTA - Samsung Galaxy S21+ dan iPhone 12 sama-sama model flagship, sama-sama paling canggih, juga sama-sama tidak memiliki earphone dan travel charger dalam kotaknya.

Dulu, konsumen punya ekspektasi tinggi saat membeli ponsel flagship atau ponsel premium. Selain mendapatkan ponsel mewah dan paling canggih, mereka juga mendapat aksesoris terlengkap. Mulai kabel data, charger plug/kepala charger, earphone, bahkan jelly case di sebagian model ponsel Android.



Tapi, sekarang konsumen harus mulai membiasakan diri untuk tidak lagi mendapat privilage itu.

Membandingkan Kotak iPhone 12 Pro dan Galaxy S21+

Saat merilis iPhone 12, Apple beralasan bahwa memangkas earphone dan kepala charger dari kotak iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan Pro Max bertujuan untuk meminimalisir limbah elektronik atau e-waste.

”Silahkan gunakan adaptor daya atau headphone Apple Anda yang masih terpakai atau membeli aksesori tersebut secara terpisah,” beber Apple. Vice President Apple Lisa Jackson juga mengatakan bahwa semakin banyak pelanggan yang sudah beralih ke wireless charger. Begitupun penggunaan True Wireless Earphone (TWS) seperti Airpods.

Adapun alasan Samsung adalah dengan bertahap menyingkirkan charger plug/ kepala charger dan earphone di dalam ko tak diharapkan bisa masalah konsumsi berlebihan (overconsumption).

Terutama, karena banyak konsumen yang merasa tidak butuh kepala charger saat membeli ponsel baru. Samsung sudah menggunakan USB-C sejak 2017, sehingga seharusnya konsumen sudah terbiasa dan sudah memiliki aksesoris pendukung.

Kotak Tipis dan Mungil
Membandingkan Kotak iPhone 12 Pro dan Galaxy S21+

Jika Anda menganggap kotak pembelian Samsung Galaxy S21+ sudah tipis dan mungil, maka mungkin akan terkejut dengan kotak Apple iPhone 12 Pro. Karena jauh lebih kecil dan lebih tipis.

Kotak penjualan iPhone 12 ini memang dirancang seramping mungkin agar lebih ramah lingkungan. Dampaknya, kotak iPhone 12 ini lebih mudah untuk disimpan. Juga lebih gampang dibuka.
Di dalamnya, selain satu unit iPhone 12, kertas-kertas panduan, serta SIM removal, pengguna hanya mendapatkan sebuah kabel Lighting to USB-C.

Membandingkan Kotak iPhone 12 Pro dan Galaxy S21+

Selanjutnya, pengguna harus membeli wall charger/kepala charger untuk menghubungkannya ke colokan listrik. Tapi, harus wall charger yang memiliki selot USB-C. Jangan keliru dengan wall charger yang mayoritas memakai selot USB-A.

Membandingkan Kotak iPhone 12 Pro dan Galaxy S21+

Pengguna juga bisa memakai aksesoris wireless charger yang juga sudah banyak tersedia. Khusus untuk iPhone 12, ada aksesoris MagSafe Charger terintegrasi dengan USB-C dengan daya mencapai 20W yang terbilang cepat. MagSafe Charger magnetik untuk iPhone 12 dibanderol Rp1,1 jutaan di toko online.



Nah, untuk earphone, pengguna iPhone 12 bisa membeli AirPods atau AirPods Pro jika memiliki bujet lebih. Atau, keluaran after market yang harganya lebih terjangkau.

Membandingkan Kotak iPhone 12 Pro dan Galaxy S21+

Untuk kotak Galaxy S21+, ukurannya sedikit lebih besar. Sebab, dimensi ponsel Galaxy S21+ juga lebih besar dibanding iPhone 12 Pro.

Membandingkan Kotak iPhone 12 Pro dan Galaxy S21+

Isi di dalamnya kurang lebih sama. Selain kertas panduan dan SIM removal, pengguna hanya mendapatkan kabel USB-C. Selanjutnya, pengguna juga bisa membeli wall charger keluaran resmi Samsung yang sudah mendukung Super Fast Charging 25W. Harganya mulai Rp299.000.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)