Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah tanpa Aplikasi

Minggu, 10 Januari 2021 - 20:55 WIB
loading...
Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah tanpa Aplikasi
Untuk melakukan screenshot di laptop, tentu caranya berbeda dengan di smartphone yang relatif lebih mudah.
A A A
JAKARTA - Screenshot atau tangkapan layar merupakan fitur yang tersedia di smartphone maupun laptop atau PC. Fitur ini berguna untuk menangkap cuplikan video atau layar yang kemudian diubah menjadi foto.

Untuk melakukan screenshot di laptop , tentu caranya berbeda dengan di smartphone yang relatif lebih mudah. Di laptop, biasanya membutuhkan bantuan tombol Print Screen di keyboard.

Selain itu, ada juga cara-cara lain untuk screenshot di laptop. Berikut ini beberapa caranya.



Print Screen

Cara ini merupakan yang paling umum digunakan untuk screenshot di laptop atau PC. Tetapi cara ini akan mengambil gambar satu layar penuh. Untuk mengolahnya, pengguna harus masuk ke aplikasi Paint.

Jadi, setelah menentukan layar yang ingin ditangkap dan memencet tombol Print Screen, masuk ke Paint lalu pencet CTRL+V, kemudian atur gambar yang diinginkan dan simpan.

Windows + Print Screen

Kombinasi tombol Windows dan PrintScreen secara bersamaan bisa menjadi opsi selanjutnya. Cara ini digunakan untuk menangkap halaman full screen.

Berbeda dari cara sebelumnya, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk menyimpan hasil gambar screenshot. Caranya klik tombol Windows + PrintScreen, dan gambar akan tersimpan otomatis di dokumen Picture dalam laptop.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3581 seconds (0.1#10.140)