WhatsApp Akan Batasi Screensshot Pengguna, Ini Alasannya

Minggu, 25 Februari 2024 - 16:20 WIB
loading...
WhatsApp Akan Batasi Screensshot Pengguna, Ini Alasannya
WhatsApp siap batasi Screensshot. FOTO/ DAILY
A A A
MENLO PARK - WhatsApp sedang uji coba fitur pembatasan tangkapan layar (screenshot) pada foto profil pengguna untuk melindungi privasi pengguna dengan lebih baik. Fitur ini bertujuan untuk mencegah kontak yang tidak sah mencuri identitas pengguna tertentu.



Seperti dilansir dari GSM Arena, Minggu (25/2/2024), Versi beta terbaru WhatsApp, yaitu versi Android 2.24.4.25, mengutip dari WABetaInfo.

Saat ini, fitur WhatsApp tersebut masih dalam tahap uji coba terbatas pada beberapa pengguna beta terpilih dan berharap akan rilis secara lebih luas dalam beberapa minggu mendatang.

Dengan adanya fitur ini, ketika seseorang mencoba mengambil tangkapan layar gambar profil kontak. Layar akan berubah menjadi hitam dengan munculnya pemberitahuan “Tidak dapat mengambil tangkapan layar karena pembatasan aplikasi.”

Fitur ini berdasar pada ketentuan yang telah ada oleh WhatsApp sejak lima tahun yang lalu. Bertujuan untuk mencegah pengunduhan gambar yang tidak sah dengan menghilangkan kemampuan untuk menyimpan foto profil pengguna lain secara langsung.

Meskipun fitur ini merupakan langkah yang baik dalam meningkatkan privasi pengguna. Masih ada kemungkinan bahwa beberapa pengguna yang tidak bertanggung jawab dapat mengakalinya dengan cara lain. Seperti mengambil tangkapan layar gambar profil.

Namun, fitur pembatasan tangkapan layar ini berharap dapat mengatasi masalah ini secara langsung.

Jika fitur ini berhasil lucur secara luas, maka akan menjadi solusi yang baik bagi pengguna yang ingin memiliki kontrol yang lebih baik atas privasi mereka, terutama terkait dengan keamanan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)