Melihat Kesibukan di Gudang dan Pusat Sortasi Lazada Logistics Indonesia

Kamis, 17 Desember 2020 - 21:43 WIB
loading...
Melihat Kesibukan di Gudang dan Pusat Sortasi Lazada Logistics Indonesia
Aktivitas kesibukan di gudang, hub dan pusat sortasi Lazada Logistics Indonesia melonjak tinggi. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
DEPOK - Pasca keriaan Tiga Hari Belanja Online Nasional atau Garbolnas (12-14 Desember 2020), kesibukan di gudang, hub dan pusat sortasi Lazada Logistics Indonesia melonjak tinggi. BACA JUGA - Temuan Mutasi Corona VUI - 202012/01, Ilmuwan Ragukan Khasiat Vaksin COVID-19

Di Garbolnas 12.12 tahun ini, Lazada mengalami peningkatan luar biasa, atau lebih dari dua kali lipat dibandingkan festival belanja 12.12 di tahun lalu, dari segi jumlah pembeli, order yang diterima dan jumlah penjual yang melakukan penjualan selama periode Garbolnas. Untuk itu, terjadi peningkatan 2x lipat order yang harus diantar sejak tanggal 12 Desember hingga saat ini.

Chief Customer Officer, Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo, mengatakan, tingginya minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja online di Garbolnas menyebabkan lonjakan pesanan yang luar biasa . pihaknya memahami antusiasme konsumen untuk bisa segera mendapatkan paketnya. “Untuk itu, para sellers, mitra brand, tim logistik dan customer care Lazada bekerja ekstra keras untuk dapat melayani konsumen sebaik-baiknya,” katanya, Kamis (17/12/2020).
Melihat Kesibukan di Gudang dan Pusat Sortasi Lazada Logistics Indonesia

Pada saat check out, konsumen akan langsung mendapatkan informasi mengenai perkiraan tanggal kedatangan paket di aplikasi Lazada dan Lazada akan berupaya mengirimkan paket tersebut sebelum masa perkiraan terakhir. Selain itu,konsumen juga dapat melakukan pelacakan keberadaan paket secara mandiri dan berkala juga langsung di aplikasi Lazada agar dapat mempersiapkan diri untuk menerima paket.

“Dengan tingginya lonjakan pesanan di Garbolnas kali ini, diharapkan konsumen dapat bersabar menunggu kehadiran paket pesanan. Customer Care Lazada siap untuk membantu menjawab pertanyaan dari konsumen, baik secara langsung ataupun melalui CLEO yang siap sedia 24/7. Namun kami himbau konsumen untuk mengecek tanggal perkiraan kedatangan di aplikasi dan lakukan pelacakan mandiri melalui aplikasi terlebih dahulu agar informasi dan bantuannya lebih tepat sasaran,” tukasnya.

Dengan lebih dari 10 warehouse, 11 sortation center dimana tiga diantaranya sudah terotomatisasi, 110 hub atau pusat pengantaran serta lebih dari 12.000 mitra kurir yang tersebar di 45 kota di Indonesia, Lazada Logistic Indonesia terus bekerja keras untuk melakukan pengiriman paket konsumen tanpa hambatan.

Chief Logistic Officer Lazada Logistic Indonesia, Philippe Auberger mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk memastikan seluruh pesanan dapat diterima sesuai dengan perkiraan waktu yang tertera di aplikasi Lazada saat konsumen melakukan check out. Karena saat ini sangat banyak orderan dan paket yang harus dikirimkan. “Perkiraan waktu tersebut sudah memperhitungkan volume order yang mungkin terjadi hingga mempertimbangkan kesiapan tim ekspedisi dan mitralogistik kami,” katanya.
Melihat Kesibukan di Gudang dan Pusat Sortasi Lazada Logistics Indonesia

Setelah paket mulai dikirimkan, konsumen juga bisa melakukan penelusuran keberadaan paket secarareal-time melaluiaplikasi Lazada. Fitur ini mempermudah konsumen untuk mengetahui estimasi kapan paket akan diterima. “Semua fitur dalam sistem logistik kami dikembangkan untuk memastikan kepuasan bagi konsumen dan optimalisasi biaya bagi brand dan penjual. Di Garbolnas 2020 ini, sistem logistik kami mampu melayani jutaanpermintaanpengepakan dan pengiriman barang dengan lancar dengan kesiapan ekosistem logistik kami yang holistik dan terintegrasi,” tambah Philippe.

Pihaknya menyadari pentingnya sistem logistik yang terintegrasi dalam ekosistem eCommerce di Lazada. Didukung oleh infrastruktur teknologi Alibaba yang mumpuni, pihaknya terus mengembangkan sistem logistik yang ekstensif dan terintegrasi secara digital sejaktahun 2015.

Pelaksanaan festival belanja akhir tahun, dengan penyelenggaraan Garbolnas 12.12 tahun ini, akan menjadi uji nyata bagi kekuatan sistem logistik di Lazada Indonesia yang terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang terus bertumbuh. “Kami telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan Garbolnas 2020 sejak jauh-jauh hari. Kami sudah memperkirakan akan menangani lebih dari tiga juta paket setiap harinya selama periode Garbolnas 2020 yang sudah akan kami tangani begitu pesanan mulai masuk di platform Lazada di tanggal 12 Desemberpukul 00.00.

Belasan ribu karyawan kami siapmelakukan pengepakan barang, dari brand dan penjual yang menitipkan barang di warehouse kami (Fulfillment by Lazada) dan lebih dari 12.000 mitra kurir siap mengantarkan paket pesanan kealamat pembeli sejak dini hari tersebut,” tutup Philippe.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)