Studi BCG Sebut Cloud Jadi Kunci Sukses Transformasi Digital

Sabtu, 28 November 2020 - 08:31 WIB
loading...
A A A
5. Pengalaman Pengguna Meningkat
Sebanyak 30,8% perusahaan yang disurvei mampu meningkatkan pengalaman pengguna hingga lebih dari 20% berkat penggunaan teknologi cloud dari AWS. Pengalaman pengguna merupakan faktor penting yang membantu pertumbuhan bisnis perusahaan.

6. Mendukung Peluncuran Produk dan Layanan Digital
Cloud AWS juga mendukung perusahaan-perusahaan dalam meluncurkan layanan dan produk digital terbarunya ke pasar. Dukungan ini memampukan perusahaan untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar.

Salah satu responden yang merupakan CTO dari perusahaan media mengatakan, eksperimen dengan fitur-fitur baru menjadi mudah di AWS. Biaya dan risikonya rendah.

Tren Adopsi Cloud
Public cloud paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di industri dengan tingkat regulasi terendah. Sementara adopsi private cloud tertinggi terjadi di perusahaan-perusahaan di industri dengan tingkat regulasi yang sangat tinggi, seperti perbankan.

Pada industri dengan tingkat regulasi menengah, mereka berekspektasi untuk menaruh beberapa beban kerja yang besar pada on-prem atau private cloud yang mereka miliki dan kelola.

Tantangan dalam Pengadopsian Cloud di Indonesia
Terkait tantangan yang dihadapi perusahaan dalam mengadopsi cloud, 65% mengatakan bahwa tantangan utama adalah masih adanya kesenjangan penguasaan teknologi cloud di perusahaan mereka.

Rekomendasi BCG
BCG merekomendasikan beberapa poin strategis yang dapat dipertimbangkan oleh organisasi untuk mendukung keberhasilan mereka dalam pengadopsian cloud. Dalam rekomendasinya, BCG menyarankan agar organisasi atau perusahaan senantiasa menyeleraskan adopsi cloud dengan visi bisnisnya.

Kemudian, pilihlah strategi migrasi yang paling efektif dan efisien, sesuaikan model operasional yang terbangun saat ini agar selalu selaras dengan strategi cloud, serta bangun kecakapan yang mumpuni dengan dukungan talenta internal maupun eksternal.

"Tak kalah penting, organisasi juga direkomendasikan untuk meningkatkan keamanan siber dengan cloud serta membangun arsitektur yang terbukti mampu menjawab tantangan serta kebutuhan masa depan," pungkas Alain Schneuwly. (Baca juga: Ini Alasan Keluarga Habib Rizieq Tolak Swab Test Ulang )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3777 seconds (0.1#10.140)